Ilustrasi emoji (dok. Unicode Consortium)

Ternyata Ini Loh Emoji yang Paling Banyak Dipakai pada 2021

06 December 2021   |   15:43 WIB

Organisasi nirlaba yang berperan dalam mendigitalkan bahasa dunia, Unicode Consortium, merilis laporan terbaru penggunaan emoji (emoticon) paling banyak oleh pengguna internet di seluruh dunia. Kira-kira emoji apa ya yang ada di peringkat paling atas?

Unicode Consortium mencatat bahwa sekitar 92 persen populasi daring atau warganet dunia menggunakan emoji dalam interaksi mereka di internet. Sebagai catatan, organisasi menyebut setidaknya ada 3.663 emoji yang ada saat ini.

Dari total tersebut, ternyata emoji yang paling banyak digunakan adalah karakter/wajah dengan air mata sukacita yang disebut sebagai tears of joy. Tercatat, emoticon ini menyumbang lebih dari 5 persen seluruh penggunaan emoji.

Melengkapi peringkat tiga besar emoji paling banyak dipakai di dunia pada tahun ini adalah emoji hati merah atau red heart dan wajah tertawa terbahak-bahak atau yang dinamai rolling on the floor laughing.

(Baca juga: Twitter Uji Coba Fitur Emoji Reactions, Mirip dengan Facebook)

Laporan juga menyatakan bahwa penggunaan emoji oleh pengguna internet cukup konsisten dan dapat diprediksi. Dalam peringkat 10 besar emoji terpopuler selama dua tahun terakhir, hanya ada sangat sedikit perubahan yang terjadi. 

Berikut ini peringkat 10 besar emoji paling banyak digunakan pada 2021 dibandingkan dengan laporan pada 2019:
(Dok. Unicode Consortium)





Selain itu, Unicode Consortium juga menemukan beberapa hal menarik, termasuk penggunaan pola emoji yang cukup universal di seluruh subkategori. Emoji peringkat teratas mewakili banyak konsep dan digunakan dalam berbagai situasi, seperti contoh berikut ini:
  • Emoji roket, yang ditemukan di kategori transportasi udara, juga menjadi simbol dari kemajuan dan antisipasi perubahan besar.
  • Emoji bisep terangkat, adalah emoji bagian tubuh teratas yang biasanya dipakai untuk menunjukkan kekuatan, kesuksesan, perjuangan, olahraga, menyombongkan diri, dan lain-lain.
  • Emoji buket tanaman/bunga, dipakai dalam berbagai kesempatan termasuk ucapan selamat, perayaan, hubungan romantis, dan termasuk penggunaan terkait banyak varietas platonis.
  • Emoji kupu-kupu bukan hanya mewakili emoji hewan atau serangga, melainkan juga dipakai untuk hal-hal umum seperti perubahan, keindahan, alam, dan transformasi.
  • Emoji gerakan cartwheel juga bukan mewakili olahraga paling populer di dunia, melainkan mewakili rasa bahagia dan gembira serta olahraga itu sendiri.


Editor: Avicenna 
SEBELUMNYA

Stafnya Positif Covid-19, Girl Group Kep1er Tunda Debut

BERIKUTNYA

Sukses dengan Tema SPACE, JIPFest Angkat Tema Revival untuk 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: