Fitur emoji reactions (Dok. Twitter)

Twitter Uji Coba Fitur Emoji Reactions, Mirip dengan Facebook

13 September 2021   |   20:04 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Twitter terus menguji fitur tambahan terbaru untuk membuat platform tersebut semakin menarik. Baru-baru ini, Twitter dikabarkan sedang menguji coba fitur emoji reactions untuk merespons cuitan di timeline. Lebih dari sekadar memberikan like, dengan fitur tersebut, para pengguna Twitter bisa memberikan reaksi yang lebih beragam melalui emoji yang lebih reaktif.

Seperti dilansir dari The Verge, Senin (13/9), saat ini uji coba fitur tersebut masih terbatas untuk pengguna Twitter di Turki. Beberapa emoji yang bisa digunakan untuk merespons cuitan di antaranya adalah emoji tertawa, berpikir, menangis, tepuk tangan, dan hati.

Pihak Twitter mengatakan bahwa tes tersebut saat ini dijalankan hanya untuk waktu yang terbatas, namun tidak menutup kemungkinan uji coba tersebut akan diperluas ke para pengguna di lebih banyak negara. Hal itu bergantung pada respons dari para pengguna.

“Ide di balik fitur ini adalah untuk memberi orang lebih banyak cara untuk menunjukkan dengan cepat bagaimana perasaan mereka tentang sebuah tweet dengan memberikan umpan yang lebih baik kepada penulis tentang bagaimana tweet mereka diterima,” tulis situs resmi Twitter.
 

kkj

Fitur emoji reactions (Dok. Twitter)

Berbeda dengan hanya memberikan like pada cuitan, cara penggunaan fitur emoji ini bisa diakses melalui mengklik dan tahan tombol ‘like’ yang kemudian dilanjutkan dengan memilih salah satu emoji yang ingin digunakan.

Sebelumnya, fitur reaksi emoji semacam itu telah digunakan selama bertahun-tahun oleh Facebook termasuk pada fitur direct message (DM) di Twitter. Namun, berbeda dari keduanya, fitur reaksi emoji di Twitter kali ini tidak menampilkan reaksi negatif seperti emoji marah di Facebook atau emoji jempol ke bawah seperti reaksi emoji DM di Twitter.

Hal tersebut dibuat oleh Twitter karena hasil survei yang mereka lakukan menunjukkan bahwa para pengguna khawatir menerima reaksi negatif atas cuitan mereka. Kekhawatiran itu muncul akibat banyaknya percakapan toxic di Twitter.

Sementara itu, Twitter mengklaim bahwa lima emoji yang mereka pilih itu mewakili emosi yang paling banyak dirasakan pengguna saat membaca cuitan, sekaligus dapat dikenali secara universal. Pihaknya juga menyebut bahwa emoji tertawa sambil menangis merupakan emoji yang paling banyak digunakan dalam cuitan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Milan Fashion Week Kembali secara Online & Offline

BERIKUTNYA

Kasus Pembunuhan Rapper 2Pac yang Belum Terpecahkan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: