Emoji atau emoticon bisa menjadi cara untuk mengungkapkan perasaan yang lebih luas dengan cara yang simpel. (Sumber gambar: Unsplash/Domingo Alvarez)

Efektif Mengekspresikan Emosi, Yuk Kepoin Makna 8 Ikon Emoji Unik Ini

12 July 2022   |   23:38 WIB

Like
Emoji menjadi salah satu cara untuk mengekspresikan hal-hal yang lebih simpel sekaligus lebih luas jika dibandingkan dengan beberapa kata atau kalimat. Kini, emoji bisa ditemukan dalam berbagai keyboard, baik dalam perangkat iOS maupun Android dan dalam berbagai aplikasi seperti Instagram dan Twitter.

Menjelang perayaan Hari Emoji Sedunia pada 17 Juli, Emojipedia yang merupakan inisiator tersebut membagikan beberapa makna dari delapan emoji yang populer maupun unik. Pasalnya, beberapa emoji ini memiliki penggunaan yang salah diartikan karena penafsirannya yang bervariasi pada setiap orang. Yuk cek penjelasannya di bawah ini.

Baca juga: Ragam Emoji Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Paling Sering Pakai Karakter Ini
 

1. Wajah meleleh

Emoji yang masih tergolong baru ini biasanya mengarah pada sarkasme, tepatnya saat orang-orang yang ingin mengekspresikan senyum yang ditahan dan terpaksa. Tak hanya itu, emoji populer dalam aplikasi WhatsApp ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk mengekspresikan rasa letih, kepanasan, atau saat merasa malu dan canggung.
 

2. Wajah memelas

Sering disalahartikan sebagai emoji yang menyimbolkan rasa malu, ekspresi yang tampak berkaca-kaca ini sebenarnya bisa digunakan untuk beberapa ungkapan. Beberapa di antaranya adalah ungkapan meminta tolong, memohon, meminta belas kasihan, ungkapan terima kasih, dan perasaan tersentuh karena gerakan penuh kasih.
 

3. Menangis hebat dan muntah

Dua ekspresi ini mungkin akan terlihat berlebihan bagi sebagian pengguna, tapi kedua emoji ini bisa mengungkapkan respons positif yang sangat ekspresif. Menangis hebat bisa menunjukkan respons yang penuh haru dan gembira, sedangkan Muntah lebih kepada rasa kewalahan karena kegembiraan, keterkejutan, atau kekaguman.
 

4. Cahaya gemerlap

Berbentuk tiga bintang dengan tiga ukuran berbeda, emoji ini umum digunakan bagi mereka yang ingin menunjukkan dukungan, cinta, dan kebahagiaan. Biasanya, emoji ini juga bisa menggambarkan sesuatu yang bersinar, berkilau, atau sangat bersih. Namun, emoji ini juga bisa digunakan sebagai bentuk alternatif dari sarkasme dan ironi serta membesarkan sebuah makna kata dan/atau pesan.
 

5. Sepasang mata

Emoji berbentuk mata yang tampak melirik ke arah kiri layar ini umumnya digunakan jika ingin menunjukkan ada makna tersembunyi dari sebuah pesan atau konten. Tak hanya itu, emoji ini juga bisa menyiratkan makna 'mata licik' untuk menyampaikan kecurigaan atau keterkejutan.
 

6. Tengkorak

Umumnya, tengkorak menyimpan makna yang mengartikan kematian, tapi jangan salah kalau ternyata emoji ini juga bisa digunakan untuk menanggapi pesan yang sangat lucu seakan menyampaikan pengirimnya sedang mati karena terlalu banyak tertawa. Karena inilah, emoji tersebut juga bisa menjadi pengganti dari emoji tertawa hingga menangis dan tertawa terpingkal-pingkal.

Baca juga: 9 Istilah Bahasa Gaul di Twitter, dari Bub hingga Rent Free
 

7. Topi biru

Tidak terlalu populer di Indonesia, emoji berbentuk topi bisbol berwarna biru ini digunakan untuk mengekspresikan istilah slang 'cap' atau 'capping' yang menanggapi seseorang yang sedang berbohong atau tidak jujur. Biasanya, respons emoji ini kemungkinan besar menunjukkan sang pengirim merasa bahwa penerima sedang tidak jujur dan tidak dapat dipercaya.
 

8. Tangan yang mencatat

Dengan bentuk tangan yang memegang pena hitam, emoji ini biasanya digunakan saat seseorang ingin menunjukkan bahwa dia sedang mendengarkan atau membaca pesan dengan seksama. Alternatifnya, emoji ini juga bisa memberikan gambaran bahwa seseorang sedang mencatat pesan dan saran dari orang lain.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Drakor Alchemy of Souls Bagian Dua Ganti Aktris Utama? Begini Kata Tim Produksi

BERIKUTNYA

Arti Wawasan Wiyata Mandala, Materi dari Rangkaian MPLS

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: