Ilustrasi anak belajar ilmu pengetahuan. (Dok. Clint Patterson dari Unsplash)

5 Tips untuk Bantu Anak Belajar Ilmu Pengetahuan

04 December 2021   |   09:23 WIB

Berbagai macam hal yang ada di sekitar Genhype merupakan pengetahuan baru bagi si kecil, di mana hal ini tentu bisa menggali keingintahuan dan kepekaan mereka terhadap bagaimana sebuah fenomena terjadi yang nantinya akan membantu mereka dalam mengenal lingkungannya.

Mengajak anak untuk mencari tahu tentang hal-hal di sekitarnya memang enggak mudah karena ada usaha untuk membuatnya terpicu untuk lebih tahu dan kritis tentang apa yang terjadi di sekitarnya. Yuk coba lima tips mudah untuk memicu si kecil agar bisa mengenal dan belajar ilmu pengetahuan.
 

1. Eksplor pertanyaan si kecil

Biasanya, anak-anak akan bertanya ketika dia sudah mulai mencari tahu akan sebuah hal. Dari sinilah Genhype bisa meluangkan waktu untuk menjelaskan kepada si kecil tentang hal yang dia ingin ketahui, baik melalui penjelasan yang mudah dipahami atau mencarinya bersama-sama melalui sumber lain seperti buku dan artikel daring.

Jangan lupa untuk menggunakan sumber yang kredibel dan terpercaya melalui bantuan alat-alat pencari fakta seperti Google Fact Check Tools dan situs FactCheck.org untuk membantu melihat fakta dari sumber yang didapat.
 

2. Buat permainan ilmu pengetahuan

Permainan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan juga bisa menjadi sarana belajar yang memberikan manfaat bagi perkembangan otak si kecil serta keterampilan-keterampilan seperti kognitif dan pengelolaan dini. Permainan yang bisa dimainkan contohnya adalah eksperimen luring seperti tarik tambang dan daring seperti Angry Birds.

(Baca juga: Moms, Perhatikan Tanda Bahaya pada Tahapan Bicara Anak)
 

3. Kreasikan mainan sendiri

Permainan ilmu pengetahuan juga bisa dibangun tanpa harus pakai gawai lho, sebab hal ini bisa mendorong si kecil untuk lebih terampil dalam menggunakan hal-hal yang ada di sekitarnya. Dampaknya adalah kreativitas si kecil bisa diasah dan ada berbagai kemampuan baru yang didapat, misalnya berpikir kritis.
 

4. Kunjungi museum dan pameran

Waktu akhir pekan bisa menjadi cara untuk belajar dengan pendekatan yang lebih asyik, yaitu dengan mengunjungi pameran atau museum ilmu pengetahuan. Beberapa lokasi yang bisa jadi referensi untuk belajar ilmu pengetahuan adalah Pusat Peragaan IPTEK di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Bandung Science Center, Jawa Barat, dan SkyWorld Indonesia, Jakarta Timur.
 

5. Ajak si kecil terlibat langsung

Dengan meningkatnya keingintahuan anak terhadap ilmu pengetahuan, coba untuk melibatkannya dalam semua kegiatan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Hal ini ditujukan untuk memuaskan rasa ingin tahunya yang tidak habis.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Hanin Dhiya & Ahmad Dhani Aransemen Ulang Lagu Roman Picisan

BERIKUTNYA

Omar Daniel Bagikan Kesan tentang Karakternya di Serial Write Me A Love Song

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: