Mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii (dok: Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia)

Begini Ternyata Cerita Dibalik Tenarnya Akun Instagram Duta Besar Jepang di Indonesia

02 December 2021   |   19:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang aktif di media sosial, khususnya Instagram mungkin sudah tidak asing lagi dengan Mantan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii. Walaupun sudah purna tugas setahun lalu dan kembali ke negaranya, sosoknya tak dilupakan begitu saja.

Lewat akun Instagram @jpnambsindonesia Ishii kerap membagikan aktivitasnya sebagai Duta Besar Jepang Indonesia sejak 2018. Dia juga kerap memperlihatkan kecintaannya terhadap kebudayaan Indonesia.

Mulai dari mengunggah beberapa foto yang menunjukkan deretan batik koleksinya hingga menu makan siang khas Indonesia. Di foto-foto tersebut Ishii tampil dengan gaya yang cukup jenaka, jauh dari kesan serius yang identik dengan seorang diplomat.

Unggahan menu makan siangnya setiap harinya selalu dinanti oleh netizen di Indonesia, khususnya oleh muda-mudi pengguna media sosial. Menu makan siangnya selalu menu khas Indonesia dan disantap habis olehnya.

Terkadang, dia berpose dengan gaya yang mengundang gelak tawa bersama menu makan siangnya. Salah satunya adalah ketika dia mengenakan masker dengan motif ala spanduk pedagang Pecel Lele Lamongan.

Apa yang dilakukan oleh pria kelahiran 3 November 1957 sukses membuatnya dikenal luas, . Bahkan, dia mendapatkan sapaan akrab "Kakek Online".

Tentu saja, hal tersebut merupakan bukti diplomasi publik dengan cara unik yang dilakukan oleh Pemerintah Jepang di Indonesia sukses besar. Masyarakat tidak hanya mengenal sosok Ishii, tetapi juga mengenal dan akhirnya mencari tahu lebih banyak tentang Jepang.

Menurut Konsuler Kedutaan Besar Jepang di Jakarta Wakabayasi Takahiro, berbagai tingkah jenaka yang dilakukan oleh Ishii merupakan inisiatif pribadinya. Pihak Kedutaan Besar Jepang di Jakarta atau Kementerian Luar Negeri Jepang tidak memintanya melakukan hal itu.

"Dasarnya memang Pak Ishii ini orangnya lucu, tidak mungkin kan kita menyuruh Duta Besar melakukan itu foto-foto dengan gaya lucu itu. Itu semua atas kemauannya sendiri," katanya kepada Hypeabis dalam sesi kunjungan ke Redaksi Harian Bisnis Indonesia pada Kamis (2/12/2021).

Takahiro mengungkapkan akun @jpnambsindonesia memang tidak dikelola langsung oleh Ishii maupun penggantinya, Duta Besar Kenji Kanasugi. Namun, seluruh unggahan di akun tersebut merupakan ide-ide yang dicurahkan langsung oleh keduanya.

"Setiap hari akun Instagram itu menunggah empat sampai lima foto dan semuanya itu pasti diunggah dengan persetujuan duta besar. Pesannya dari duta besar diterjemahkan [ke Bahasa Indonesia] kemudian dilihat lagi oleh duta besar sebelum diunggah," ungkapnya.

Tugas Ishii sebagai Duta Besar Jepang untuk Indonesia maupun diplomat sudah resmi berakhir. Walaupun demikian bukan berarti upaya diplomasi uniknya berhenti begitu saja. 

Dia masih melakukan hal yang sama lewat akun Instagram pribadinya, yakni @masaishii421. 

Dia kerap berkunjung ke restoran atau rumah makan yang menjual masakan khas Indonesia, termasuk diantaranya adalah Warung Tegal (Warteg) Monggo Moro di Shinjuku, Tokyo. Pada satu kesempatan dia juga terlihat menyantap durian di kediamannya. 

Melihat unggahan-unggahannya bisa dinilai sendiri bagaimana kecintaannya terhadap kuliner khas Indonesia ya Genhype.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

Ada Varian Omicron, WHO Imbau Lansia Batasi Perjalanan

BERIKUTNYA

Mau Jadi Anggota Girlband Terkenal? Yuk Ikutan Audisi We Can Be the Winner di GoPlay

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: