Ilustrasi (Photo by cottonbro from Pexels)

4 Nutrisi Penting Ini Bantu Perkuat Kesehatan Rambut

28 November 2021   |   14:26 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Rambut rontok dan penipisan rambut bisa menjadi efek samping alami dari penuaan atau faktor keturunan. Namun, ada beberapa pilihan gaya hidup yang bisa mempercepat prosesnya, atau memicu kerontokan rambut yang mungkin tidak terjadi dalam keadaan lain.

Earim Chaudry, Direktur Medis Manual, platform kesehatan pria, mengungkapkan bahwa makanan yang kita konsumsi dapat menjadi faktor besar dalam mendorong kerontokan rambut.

Menurut Chaudry, bukan hanya makanan yang kita makan yang dapat berkontribusi pada kesehatan rambut, tetapi juga makanan yang tidak kita makan.

Dilansir melalui Express, vitamin dan mineral tertentu membantu menjaga rambut tetap kuat, sementara tidak mendapatkan cukup vitamin dan mineral ini dapat berkontribusi besar terhadap folikel rambut yang lemah.

Mengubah pola makan mungkin tidak mudah, tetapi Chuadry mengatakan kuncinya adalah dengan membuat rencana makan atau meal plan yang solid.

“Cobalah untuk memasukkan sebanyak mungkin kelompok makanan yang bermanfaat bagi kesehatan rambut Anda. Hal baiknya adalah banyak makanan yang akan menjaga kekuatan rambut Anda, seperti kenari dan blueberry, dapat dikonsumsi secara sederhana. snack sepanjang hari,” ujarnya.

Nutrisi apa saja yang harus kita konsumsi untuk meningkatkan kesehatan rambut?
 

Perbanyak Protein

Seperti halnya tubuh, rambut juga bergantung pada asupan nutrisi untuk menjaga kesehatannya. Hal pertama untuk memulai, menurut Chaudry adalah dengan meningkatkan asupan protein. Karena rambut terbuat dari protein, memastikan kita memiliki cukup protein dalam diet adalah langkah pertama untuk mencegah rambut menjadi tipis dan rapuh. 

"Faktanya, telah terbukti bahwa kekurangan protein dalam makanan Anda dapat membatasi rambut. pertumbuhan dan - yang lebih mengkhawatirkan - berkontribusi pada kerontokan rambut," tambahnya.

Dia merekomendasikan memasukkan makanan berprotein tinggi seperti ayam, ikan, telur dan produk susu ke dalam diet secara teratur. Untuk vegetarian dan vegan, makanan berprotein tinggi dapat mencakup lentil, kacang-kacangan, kacang-kacangan, serta pengganti daging seperti tahu dan seitan. Sejumlah vitamin dan mineral juga penting dalam menjaga folikel tetap kuat.
 

Tingkatkan Asupan Zat Besi

Zat besi adalah mineral yang sangat penting untuk rambut dan terlalu sedikit dapat menjadi penyebab utama kerontokan rambut. Zat besi dapat ditemukan dalam daging tanpa lemak, makanan laut, lentil, bayam dan sayuran berdaun hijau.
 

Rajin Konsumsi Vitamin A dan Vitamin C

Kesehatan kulit kepala juga dapat dijaga dengan bantuan vitamin A yang berperan sebagai kondisioner alami. Wortel, labu, dan ubi jalar semuanya direkomendasikan sebagai sumber vitamin.

Sementara itu, karena vitamin C mendorong penyerapan zat besi, Chaudry mengatakan ini adalah tambahan penting. Vitamin C dapat ditemukan dalam berbagai buah dan sayuran termasuk blackcurrant, blueberry, brokoli, jambu biji dan stroberi.
 

Penuhi Kebutuhan Omega 3

Omega-3 melapisi kulit kepala dan menyediakan minyak untuk menjaga rambut tetap sehat dan terhidrasi. Omega-3 secara alami terdapat pada sejumlah makanan termasuk salmon, mackerel, alpukat, biji labu dan kenari.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Tips Touring yang Aman dengan VW Kombi

BERIKUTNYA

Sutradara Hayao Miyazaki Siapkan Film Animasi Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: