Smartwatch (dok. Pexels/Rene Asmussen)

Ini 5 Vendor Smartwatch Teratas pada Kuartal Tiga 2021

24 November 2021   |   16:54 WIB

Perangkat wearable seperti jam tangan pintar (smartwatch) kian populer dikenakan oleh masyarakat luas. Hal ini terlihat dari laporan terbaru Global Smartwatch Model Tracker periode kuartal ketiga tahun ini yang dirilis oleh firma riset Counterpoint.

Counterpoint Research menyatakan bahwa pengiriman jam tangan pintar global pada kuartal ketiga 2021 meningkat sebesar 16 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Capaian ini melanjutkan pertumbuhan dua digit dari kuartal sebelumnya.

Pada periode tersebut, vendor asal Korea Selatan Samsung mencatatkan kinerja terbaiknya. Berkat peluncuran seri Galaxy Watch 4 terbarunya, perusahaan mencapai pengiriman kuartalan tertinggi dengan pangsa 14,4 persen.

Dengan angka itu, Samsung berhasil menempati posisi runner-up dengan menggeser Huawei yang sebelumnya mengisi posisi tersebut. Selain itu, capaian juga membuat perusahaan kian dekat dengan pemimpin pasar Apple.

Counterpoint Research Senior Analyst Sujeong Lim mengatakan bahwa Samsung memiliki kinerja kuartalan yang sangat baik pada periode ini, seperti yang telah diharapkan dengan perilisan Galaxy Watch 4.

"Untuk lebih meningkatkan pangsa pasarnya, Samsung diperkirakan bakal merilis model yang lebih terjangkau dalam waktu 2 hingga 3 tahun untuk menargetkan pasar Asia yang kian tumbuh dengan cepat," katanya.

(Baca juga: Huawei Siapkan Smartwatch Bersertifikat Medis)

Raksasa teknologi Apple masih menjadi pemimpin pasar jam tangan pintar global pada kuartal ini dengan persentase 21,8 persen kue pasar. Akan tetapi, jumlah ini turun sekitar 10 persen secara tahunan akibat penundaan perilisan Watch Series 7.

Posisi ketiga ditempati oleh merek jam tangan pintar Amazfit dengan pangsa pasar 5,8 persen. Laporan Counterpoint menyatakan bahwa erek ini kian meningkat popularitasnya di pasar Eropa dan sekitarnya.

Berikut ini adalah daftar pengiriman smartwatch teratas global berdasarkan vendor, per kuartal tiga tahun ini:

1. Apple: 21,8 persen
2. Samsung: 14,4 persen
3. Amazfit: 5,8 persen
4. Imoo: 5,8 persen
5. Huawei: 5,0%

Adapun, pengiriman smartwatch global pada periode yang sama berdasarkan sistem operasi yang digunakan adalah sebagai berikut:

1. WatchOS: 21,8 persen
2. WearOS: 17,3%
3. Amazfit: 5,8%
4. Fitbit: 4,4%
5. Huawei LiteOS: 4,0%


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Ye & Drake Bakal Gelar Konser Amal untuk Larry Hoover

BERIKUTNYA

Disney Tampilkan 2 Hawkeye dalam 1 Layar, Apakah Sukses?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: