Everyday Robot (dok. X-Alphabet)

Berkenalan dengan Everyday Robot Buatan X-Alphabet Google

23 November 2021   |   11:41 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Perusahaan induk Google, Alphabet, berkomitmen untuk menghadirkan robot ke dalam lingkup kantor untuk melakukan tugas-tugas harian. Robot tersebut akan diproduksi oleh pabrikan eksperimental, yang merupakan tim profesional perusahaan untuk teknologi next generation.

Sebagai informasi, sejak didirikan pada 2010 lalu, tim tersebut telah menghasilkan beberapa proyek terkenal di antaranya adalah Google Glass, balon raksasa yang mengirimkan internet ke pelosok dunia, energi angin berkelanjutan memakai layang-layang, dan transportasi otonom.

Menyadur laporan Gizchina, Selasa (23/11) tim X saat ini tengah mengembangkan teknologi robot untuk mempelajari dan mengerjakan tugas-tugas kantor harian termasuk mengelap meja, memilah sampah, membuka pintu, dan menata kursi di ruang konferensi.

Perusahaan menyebut bahwa robot akan dapat melakukan tugas manusia yang sederhana. Di luar itu, mereka juga meyakini bahwa robot dapat hidup berdampingan dengan manusia. X-Alphabet menyatakan membawa robot ke lingkungan nyata dan belajar bagaimana merespons perubahan adalah masa depan.

Tim mengatakan bahwa mereka telah melakukan pelatihan awal hampir empat bulan agar robot yang dikembangkan memiliki pengalaman di lingkungan kantor. Kini, tim terus melakukan peningkatan dan mencapai tingkat akurasi hingga 90 persen.

Chief Robot Officer Everyday Robot, Hans Peter Brondmo, mengatakan bahwa saat ini pihaknya mengoperasikan armada lebih dari 100 prototipe robot yang secara mandiri melakukan berbagai tugas harian yang penting di sekitaran kantor. 

"Sekarang kami telah melihat tanda-tanda bahwa membuat robot pembelajaran untuk tujuan umum adalah hal yang mungkin. Kami akan keluar dari lingkungan prototyping untuk fokus pada perluasan ke beberapa kampus Bay Area Google. Kami menghapus nama proyek ini dan sekarang menamainya sebagai Everyday Robot," katanya.

Editor : Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Squid Game Tergeser, Hellbound Jadi Serial Netflix Terpopuler

BERIKUTNYA

Wow, Jeff Bezos Donasi Rp1,4 Triliun ke Yayasan Obama

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: