Ilustrasi (dok. Pexels)

Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari? Waspadai Kanker Prostat

22 November 2021   |   07:58 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Para pria yang sering terbangun tengah malam untuk buang air kecil harus waspada ya. Bukan hanya panggilan alam, hal itu bisa menjadi penanda prostat kamu bermasalah, bahkan gejala kanker prostat loh. Kanker prostat merupakan jenis kanker yang menyerang pria dan terjadi dalam kelenjar prostat.

Salah satu kesulitan dalam mendiagnosis kanker prostat adalah seringkali tidak menunjukkan banyak gejala sampai penyakitnya berkembang. Ketika kanker sudah berkembang, umumnya ditandai dengan gangguan buang air kecil. 

Mengutip Express UK, Senin (22/11/2021), bangun di malam hari untuk buang air kecil sering disebut sebagai nokturia. Nokturia ini bisa menjadi tanda tumor yang tumbuh memberi tekanan pada uretra, tabung yang membawa urin dari kandung kemih. Paling sering penyebabnya tidak seserius kanker, lebih kepada pembesaran prostat.

Namun demikian, jika sering buang air kecil, terutama pada malam hari bisa menjadi salah satu gejala kanker prostat. Gejala lainnya ditandai dengan kesulitan mulai buang air kecil atau mengosongkan kandung kemih, aliran buang air kecil yang lemah.

Kemudian merasa kandung kemih belum dikosongkan dengan benar, air seni menetes setelah selesai buang air kecil, dan tiba-tiba buang air kecil tanpa disadari.

Gejala kanker prostat juga ditandai dengan sakit punggung, sakit pinggul atau sakit panggul. Lalu, masalah mendapatkan atau mempertahankan ereksi, adanya darah dalam urin atau air mani, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Menurut Prostate Cancer UK, pria berusia di atas 50 tahun berisiko tinggi terkena kanker prostat. Kanker ini juga bisa diturunkan secara genetik, dan cenderung terjadi pada pria dengan kulit hitam. 

Untuk mencegah kanker prostat atau meminimalisir dampaknya, sebaiknya lakukan deteksi dini ya, guys.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Megan Thee Stallion Batal Tampil dengan BTS di American Music Awards 2021

BERIKUTNYA

Spotify Hapus Fitur Shuffle di Pemutar Lagu atas Permintaan Adele

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: