PUBG: New State (dok. Krafton/PUBG Corp)

PUBG: New State, Wajah Baru Game Seluler Battle Royale

22 November 2021   |   07:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Battle royale telah menjadi salah satu genre gim populer untuk berbagai platform permainan video gim. Khusus di perangkat seluler (mobile game) ada sejumlah judul ternama yang sudah dapat dimainkan dan akan kedatangan judul baru lainnya di masa mendatang.

Gim seluler battle royale yang eksis saat ini misalnya PUBG Mobile, Free Fire, Call of Duty Mobile, dan masih banyak lagi. Kini genre tersebut kedatangan satu judul baru - dari waralaba yang sudah ada - berjudul PUBG: New State.

Sebagai informasi, PUBG (PlayerUnknown Battleground) merupakan salah satu pelopor gim pertempuran royal yang sukses di pasaran. Permainan pertama kali dirilis di platform komputer (personal computer/PC) oleh PUBG Corporation, yang merupakan bagian dari perusahaan gim Krafton.

Gim kemudian diadaptasi ke perangkat seluler (untuk sistem operasi iOS dan Android) dengan judul PUBG Mobile pada 2018. Proses adaptasi ini melibatkan kerja sama antara PUBG Corp dengan perusahaan  raksasa gim asal China, Tencent.

Kini, Krafton mengembangkan gim baru yang disebutnya sebagai mobile games battle royale next generation dengan judul PUBG: New State. Gim ini sudah mulai bisa dinikmati para gamer pada pertengahan bulan ini.
 

PUBG: New State (tangkapan layar)

PUBG: New State (tangkapan layar)


Dengan menyandang titel next-gen, sejak awal gim ini sudah mensyaratkan sistem dengan konfigurasi yang lebih tinggi yakni RAM 2GB atau lebih tinggi dengan sistem operasi Android 6.0, dibandingkan dengan PUBG Mobile yang mensyaratkan versi Android 5.1.

Dari segi ukuran fail, untuk PUBG New State adalah sebesar 1,4GB dan total unduhan dalam gim mencapai 2,2GB sedangkan PUBG Mobile sekitar 900MB dengan total unduhan 1,3GB. Ukuran ini berdasarkan ponsel Huawei P30 Pro, karena disebut akan berbeda untuk tiap perangkat.

Dengan persyaratan sistem yang lebih tinggi, tentunya PUBG: New State menghadirkan tampilan hingga fitur yang lebih kaya dibandingkan dengan saudara se-platform selulernya. Gim ini hadir dengan tampilan yang sangat menarik.

Pengembang gim Krafton menyebut bahwa gim battle royale terbaru ini hadir dengan grafik ultra realistis, yang pengembangannya mengandalkan teknologi Global Illumination. Hal tersebut memang dapat diamini. Pemain akan melihat dunia yang sangat segar pada permainan ini, dengan tampilan dan detail yang lebih mirip versi komputernya. Kesan realistis ini bahkan terasa pada pergerakan karakter yang lebih riil.

Dikisahkan bahwa gim memiliki latar dunia masa depan tahun 2051. Hal yang membuatnya kian menarik, lantaran pengembang menyertakan detail-detail yang menambah atmosfer tersebut. Misalnya kehadiran mobil listrik yang menggunakan bahan bakar baterai, trem otonomus, hingga persenjataan masa depan yang futuristik.
 

Mobil listrik di game PUBG: New State (tangkapan layar)

Mobil listrik di game PUBG: New State (tangkapan layar)



Secara umum, gim battle royale memiliki gameplay yang mirip. 100 pemain akan diterjunkan ke sebuah dunia/peta untuk saling berperang. Dalam gim ini, pemain akan memiliki 3 orang teman atau 4 orang dalam satu tim. Mereka yang bertahan hingga akhir lah yang menjadi pemenangnya.

Kendati demikian, ada sejumlah peningkatan detail yang lebih menyegarkan dalam kontrol karakter saat berada di peta pertempuran. Hal ini menghasilkan sensasi yang berbeda dan perlu adaptasi lagi bagi para pemain PUBG Mobile.

Gim juga menghadirkan beberapa fitur yang sama sekali baru, tidak ada di gim sebelumnya. Misalnya kehadiran Drone Shop yang memungkinkan pemain membeli beberapa item pertempuran dari uang bernama Drone Credit. Item ini termasuk armor atau benteng pertahanan hingga unmanned aerial vehicle (UAV) atau drone

Fitur lain yang anyar adalah merekrut pemain musuh ke dalam tim. PUBG: New State dimainkan dengan tim beranggotakan empat orang, setelah pemain teman dari tim gugur, slot tersebut bisa diisi oleh pemain dari luar tim.

Jadi, walaupun dapat merekrut pemain lain, total orang yang ada dalam satu tim tetap beranggotakan empat pemain. Ini fitur yang unik tapi juga cukup aneh dalam implementasinya, mengingat tak jarang gamers memainkannya dengan orang-orang terdekat.
 

Peta Troi PUBG: New State (tangkapan layar)

Peta Troi PUBG: New State (tangkapan layar)


Gim seluler ini juga hadir dengan peta baru. Beberapa judul waralaba PUBG memang memiliki jenis peta yang menjadi ciri khasnya sendiri, di luar beberapa peta yang sama seperti Erangel pada PUBG (PC) dan PUBG Mobile.

Ada juga peta Varenga dan Golden Woods yang hanya ada di varian PUBG Mobile Lite. Sementara itu, PUBG: New State hadir dengan peta unik bernama Troi yang disuguhkan kepada pemain dengan desain, tampilan, hingga bangunan baru.

Sejak sekitar satu pekan setelah gim ini dirilis, gim seluler yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Krafton ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Google Play Store. Akan tetapi masih mendapatkan ulasan yang kurang baik.

Pada awal perilisannya gim mengalami banyak gangguan atau isu (bug) seperti flickering, abnormal color, hingga sensitivity value. Kendati begitu, Krafton secara perlahan memperbaiki hal tersebut melalui pembaruan perangkat lunak.

Jadi secara keseluruhan, PUBG: New State menghadirkan pengalaman bermain gim battle royale dengan tampilan dan detail yang segar serta menarik untuk ukuran perangkat seluler. Tak bisa disangkal bahwa gim menyuguhkan feel bermain di PC yang lebih realistis.
 


Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Serial Animasi Arcane Dipastikan Berlanjut Ke Musim Kedua

BERIKUTNYA

Megan Thee Stallion Batal Tampil dengan BTS di American Music Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: