Ilustrasi (Photo by Georgia de Lotz on Unsplash)

Tips Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

19 November 2021   |   14:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Manajer Konten Hypeabis.id

Menyusul TikTok, Instagram merilis fitur Reels yang hingga kini terus mengalami peningkatan pengguna dan hadir untuk melengkapi konten hiburan. Sejak diluncurkan hampir satu tahun yang lalu, fitur Instagram Reels telah memikat banyak pengguna.

Reels adalah fitur video Instagram yang memungkinkan pengguna membuat konten selama 15 hingga 60 detik, dan dapat diatur sesuai keinginan pengguna dengan menambahkan musik, filter serta teks. 

Di samping fungsi hiburan, Reels ternyata cukup efektif untuk mendorong brand awareness dan keterjangkauan sebuah produk di media sosial.

Country Manager Zilingo Indonesia Melina Marpaung mengatakan saat ini pelaku usaha sudah memiliki banyak sekali pilihan untuk memasarkan produknya secara digital, salah satunya lewat Instagram Reels.

"Melalui algoritma yang unik, fitur ini sangatlah menarik sebagai strategi pemasaran digital untuk mengundang lebih banyak audiens," ujarnya.

Berikut ini tips dari Zilingo Indonesia tentang cara menggunakan Instagram Reels untuk meningkatkan performa bisnis!

(Baca juga: 5 Tema Konten Ini Banyak Diminati di Instagram Reels)


1. Membagikan konten edutainment

Konten edutainment (education entertainment) merupakan cara yang bagus untuk memulai di Reels. Konten-konten seperti: 5 rutinitas perawatan kulit atau 3 rahasia dalam mix & match kain batik hingga cara membuat photo terbaik untuk produk.

Banyak hal baru dan ringan yang dapat dibagikan kepada pengikut yang dapat membantu mereka mempelajari keterampilan baru. Dari segi bisnis, konten edutainment dapat membantu memposisikan pemilik usaha sebagai ahli dalam topik tersebut dalam komunitas.
 

2. Membagikan konten behind the scene

Konten BTS atau di balik layar membantu pengikut memahami lebih dalam tentang brand kalian dan mengapa brand tersebut diproduksi untuk mereka.

Khususnya untuk UMKM, konten seperti ini membantu membentuk kepribadian bisnis, mendapatkan kepercayaan dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pengikut.

Konten BTS biasanya meliputi proses produksi produk, keseharian bisnis, video packing dan banyak lagi.
 

3. Tampilkan produk otentik

Instagram Reels adalah peluang besar bagi merek dan bisnis yang ingin mendorong awareness dan penjualan tentunya. Menampilkan video dengan produk yang dapat dibeli pelanggan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan penjualan dan traffic ke IG Shop atau e-commerce lain.

Selain itu, kalian juga dapat mengumumkan promo khusus di Instagram Reels. Beberapa merek besar telah menggunakan metode ini dan terbukti meningkatkan engagement mereka. Melalui Instagram Reels, cobalah untuk mempertahankan keotentikan brand atau bisnis.

Fokus pada orisinalitas dan kreativitas, bukan hanya kualitas video. Banyak hal yang dapat dikembangkan menggunakan fitur ini di Instagram, bisa menampilkan staf atau menghidupkan aspek menarik dari bisnis melalui musik dan gerak.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Prosesor MediaTek Dimensity 9000 Meluncur, Siap Bersaing dengan Qualcomm Snapdragon

BERIKUTNYA

MultiVersus, Game dengan Karakter Waralaba Warner Bos Meluncur Tahun Depan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: