Dimensity 9000 (dok. Mediatek)

Prosesor MediaTek Dimensity 9000 Meluncur, Siap Bersaing dengan Qualcomm Snapdragon

19 November 2021   |   13:01 WIB

Produsen semikonduktor MediaTek resmi mengumumkan kehadiran prosesor andalan terbarunya yang dinamai Dimensity 9000. Produk tersebut siap bersaing dengan cip dari kompetitor utamanya seperti Qualcomm dan Samsung.

Produk cip seri sebelumnya seperti Dimensity 1000 yang dirilis tahun lalu mendapatkan ulasan yang baik, tapi belum mampu bersaing dengan prosesor lain seperti Qualcomm 888 atau Exynos 2100.

Adapun kini, cip Dimensity 9000 diyakini mampu berada pada level kinerja yang sama dengan jajaran produk terbaru dari produsen lain, termasuk Qualcomm dengan Snapdragon 898/Snapdragon 8 Gen 1 yang dikabarkan segera meluncur.
 

(dok. Mediatek/The Verge)

(dok. Mediatek/The Verge)


Dilansir The Verge, Jumat (19/11) Dimensity 9000 merupakaan cip seluler pertama yang dibangun menggunakan proses 4 nanometer TSMC. Cip juga memakai arsitektur v9 baru dari Arm.

Selain itu, produk anyar dari MediaTek ini juga merupakan central processing unit (CPU) pertama yang menggunakan desain inti baru Arm yakni satu inti Cortex-X2 dengan clock 3,05GHz, tiga inti Cortex A-710 pada 2,85GHz, dan empat inti Cortex-A510 pada 1,8GHz.

(Baca juga: Ini Alasan Poco X3 GT Pakai Chipset Dimensity 1100 MediaTek)

Adapun, graphics processing unit (GPU) yang dipakai adalah 10-core Arm Ma-G710 bersama dengan accelerated processing unit (APU) generasi kelima perusahaan yang punya enam inti total untuk pemrosesan artificial intelligence (AI).

Urusan fotografinya dibekali dengan image sensor processor (ISP) Imagiq Gen 7 18 bit anyar. Ini diklaim sebagai cip pertama di dunia yang mampu menangkap gambar hingga 320 megapiksel dan mampu mentrasfer data pada 9 gigapiksel per detik.

Cip Dimensity 9000 juga menawarkan modem 5G onboard dengan dukungan untuk spesifikasi Release 16 3GPP. Cip juga mendukung konenktivitas lanjutan dengan Bblutooth 5.3 dan Wi-Fi 6E.

Sejauh ini, belum ada informasi smartphone mana yang bakal menjadi perangkat pertama dengan cip generasi terbaru ini. Akan tetapi, diprediksi bahwa vendor bakal banyak memakai cip untuk seri premiumnya di tahun depan.


Editor: Avicenna
SEBELUMNYA

Pernah Dengar Istilah Bensin Basi? Begini Penjelasannya

BERIKUTNYA

Tips Memanfaatkan Instagram Reels untuk Bisnis

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: