Karakter Lizard (kiri) di film The Amazing Spiderman (2012). (Dok. Sony Pictures Entertainment)

Siapakah Lizard, Villain Reptil yang Muncul di Trailer Spider-Man: No Way Home?

18 November 2021   |   18:01 WIB

Salah satu karakter villain dari jagat cerita Spider-Man, Lizard, muncul kembali dalam trailer film Spider-Man: No Way Home. Karakter ini dikabarkan akan kembali setelah tidak hadir selama lebih dari sembilan tahun sejak rilisnya film The Amazing Spider-Man (2012).

Muncul dengan rupa monster reptil, Lizard digambarkan sedang bertarung melawan karakter Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland bersama dengan karakter Electro dan Sandman. Lantas, siapakah Lizard dan bagaimana dia bisa berseteru dengan Spider-Man?

Berdasarkan informasi dari situs resmi Marvel dan laporan Collider, Lizard merupakan perwujudan lain dari Dr. Curtis 'Curt' Connors yang debut pertama kali dalam komik Marvel melalui issue keenam dari The Amazing Spider-Man yang rilis pada November 1963. 

Dr. Connors merupakan lulusan sekolah medis dan mendapatkan gelar doktoral ganda di bidang biologi dan biokimia, dia lalu bekerja sebagai dokter bedah di kemiliteran. Semenjak itu, dia mulai terobsesi dengan kemampuan regenerasi yang dimiliki binatang kadal setelah sebuah insiden ledakan menyebabkan tangan kanannya putus.

Dr. Connors kemudian membuat sebuah serum yang bisa menciptakan kemampuan regenerasi tubuh bagi manusia. Setelah menguji coba serum tersebut pada dirinya, tangan kanannya yang putus kembali tumbuh dengan risiko perubahan DNA. 

Inilah yang membuat tubuhnya berubah menjadi monster raksasa dengan rupa kadal dengan kekuatan super meliputi regenerasi, kekuatan super kuat, hingga fitur tubuh reptil seperti gigi dan cakar yang tajam serta ekor yang kuat.
 

Tokoh Lizard dalam komik/IGN.com

Tokoh Lizard dalam komik/IGN.com


Pertemuan perdana Peter Parker dan Dr. Connors diawali dengan Parker yang mengetahui transformasi dokter itu menjadi sosok monster reptil sehingga dia pergi ke Florida demi membantu pemulihannya melalui serum khusus dari catatan-catatan milik Dr. Connors. Pemulihan ini sempat berhasil dan Dr. Connors menawarkan bantuan untuk membuat obat yang membantu pemulihan May Parker.

Hubungan antara Parker dan Dr. Connors setelahnya digambarkan sebagai hubungan dosen-mahasiswa, di mana Parker bekerja sebagai asisten pengajar untuknya. Sayangnya, saat inilah serum pemulihan Dr. Connors hanya menyembuhkan dalam jangka waktu yang pendek. 

Setelah itu, muncul siklus di mana Dr. Connors menjadi Lizard dan Spider-Man bertarung melawannya, lalu membuat serum sementara untuk mengendalikan transformasi, dan akhirnya kejadian ini terus berulang. Sebagai akibatnya, Dr. Connors mengalami pembentukan kepribadian kedua yang ada dalam sosok The Lizard yang akhirnya mengambil alih keseluruhan dirinya.

Karakter Lizard di film Marvel Cinematic Universe sebenarnya mulai diperkenalkan dalam film Spider-Man 2 (2004) dan Spider-Man 3 (2007) garapan sutradara Sam Raimi. Kala itu, karakter Lizard diperankan oleh Dylan Baker dengan rupa manusia dan belum berubah wujud menjadi monster reptil.

Raimi sempat berencana untuk menggarap Spider-Man 4 yang memperlihatkan perubahan wujud Dr. Connors ke Lizard, sayangnya film ini tidak pernah terwujud dan trilogi Spider-Man milik Raimi mengalami reboot pada 2012 yang dimulai dari The Amazing Spider-Man.

Pemerannya pun berubah dari Baker menjadi Rhys Ifans, ditambah dengan berubahnya rincian Dr. Connors yang digambarkan bekerja sebagai ahli biologi di perusahaan Oscorp.

Seperti yang telah dilaporkan sebelumnya, karakter Lizard diperkirakan akan kembali dalam franchise Spider-Man melalui film Spider-Man: No Way Home yang akan tayang pada 17 Desember 2021. 

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

CoronoVac Terbukti Aman Buat Anak dan Remaja, Ini Efek Sampingnya

BERIKUTNYA

Coliving, Konsep Hunian yang Digemari Kaum Urban

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: