dok. Likee

Sempat Alami Kecelakaan Hingga Lumpuh, Wanita Ini Sukses Jadi Content Creator Makeup

18 November 2021   |   17:14 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Mengubah keterpurukan dan menjadikannya semangat untuk bangkit menciptakan suatu karya tentu bukan hal yang mudah. Arih Lystia, content creator ini sukses menjadi bintang baru berkat konten-kontennya dalam menciptakan makeup karakter yang unik.

Tidak hanya itu, Arih Lystia juga membagikan edukasi terkait disabilitas melalui konten-konten tersebut.
Sebelum menjadi content creator, wanita asal Bandar Lampung, Sumatra Selatan ini sempat mengalami kecelakaan tragis yang mengubah hidupnya pada tahun 2014.

Saat itu dia tertabrak truk yang mengakibatkan Arih kehilangan fungsi tangan kanan dan kiri, serta kaki kanannya patah dan masih harus mendapat beberapa jahitan di bagian wajahnya.

Akibat kecelakaan yang cukup parah, dia harus berbaring di tempat tidur selama setahun sehingga membuatnya sempat harus dikeluarkan atau Drop Out (DO) dari kampusnya. Mengalami cobaan yang bertubi-tubi, sempat membuatnya frustasi dan kehilangan kepercayaan diri.

“Aku sempat tidak percaya diri, ada masa-masa aku merasa malu. Namun, aku merasa ini adalah kelebihan yang diberikan Allah jadi aku harus bisa memaksimalkannya dan harus lebih percaya diri lagi,” ungkap Arih.

Hingga di akhir tahun 2018 di mulai percaya diri dan mempelajari dunia makeup dan di tahun 2019 mulai berani untuk membuat konten pertama.

“Dulu aku sempat diundang ke Hitam Putih, berkat video yang ada di Likee yang mengisahkan tentang aku yang mengidolakan Deddy Corbuzier. Sebelum acara mulai, aku dirias oleh seorang makeup artist. Dari situ aku mulai tertarik dan merasa aku lebih percaya diri jika menggunakan makeup. Sepulangnya dari situ aku langsung belajar makeup dari beberapa platform media sosial,” jelas Arih.
 

dok. Likee

dok. Likee


Arih membuat konten makeup pertamanya di Youtube dan sempat menjadi trending di media sosial, dia kemudian diundang kembali menghadiri konten talk show Youtube milik The Hermansyah. Sejak itu, Arih mulai makin banyak dikenal orang.

Berkat kepopulerannya, Arih Lystia kini mendapat banyak tawaran dari berbagai brand mulai dari makeup hingga pakaian untuk membuat konten review produk mereka. Salah satu kolaborasi yang paling berkesan baginya, adalah endorsement dari brand mukena.

Dari situ, ia bisa memberikan edukasi kepada para followersnya tentang cara shalat kaum disabilitas yang tidak bisa berdiri dan kehilangan fungsi tangannya seperti Arih. Menurutnya, tipe konten edukatif seperti ini lebih banyak menarik perhatian followers dibandingkan konten endorsement yang hanya mempromosikan sebuah produk.

Memamerkan karyanya di ajang internasional
Sebelum mengalami kecelakaan, Arih sama sekali tidak memahami dunia makeup. Namun, setelah kejadian tersebut, dia makin bersemangat menggali potensi dirinya yang belum pernah dia coba dengan menekuni makeup.

Arih pun baru memulai makeup karakter setelah bergabung di Likee dan saat ini sedang mempelajari 3D makeup art. Berkat kepopulerannya, beberapa hasil makeup yang ada di akun Likee miliknya sempat dipamerkan di ajang pameran seni internasional di Yogyakarta pada tahun 2020.
 
“Pada tahun 2020 sampai saat ini aku mulai mempelajari art makeup terutama 3D makeup. Kalo sebelumnya aku belajar sendiri secara otodidak, kini aku makin fokus dengan belajar langsung dari seorang tutor private makeup. Beliau yang mengajarkan aku untuk membuat 3D makeup. Beberapa bulan lalu aku juga sempat diundang untuk memamerkan karya makeup aku yang ada di konten Likee, di ajang pameran internasional di Yogyakarta, Jawa Tengah,” jelasnya.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Earbuds untuk Temani Rutinitas

BERIKUTNYA

Lizard Kembali Muncul dalam Film Spider-Man: No Way Home

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: