Peresmian Kampus UMKM Shopee Jakarta. (Dok. Dinas PPKUKM DKI Jakarta)

Kampus UMKM Shopee Jakarta Dorong Transformasi Digital dan Ekspansi Global UMKM

19 November 2021   |   11:36 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Shopee Indonesia membuka Kampus UMKM Shopee keempat yang berlokasi di Jakarta untuk mendorong lebih banyak transformasi dan ekspansi global pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di Jakarta. Fasilitas ini juga memberikan serangkaian pembinaan kepada UMKM agar bisa naik kelas dan menembus pasar ekspor.


Dalam peresmian yang dilaksanakan secara hybrid, Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan pembukaan kampus ini menjadi bagian dari komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan solusi digitalisasi dari hulu hingga hilir bagi UMKM. 

“Jika kita bisa membuat UMKM semakin tangguh, kita dapat membantu membangkitkan kembali ekonomi negeri. Dengan memperhitungkan keterbatasan UMKM untuk bisa mengakses edukasi dan fasilitas penunjang digitalisasi bisnis mereka, Kampus UMKM Shopee hadir di berbagai kota, termasuk Jakarta, untuk memastikan UMKM lokal bisa naik kelas,” ujar Handhika.

Diresmikan bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, UMKM lokal dapat memanfaatkan kampus ini untuk mengikuti pelatihan dan pendampingan serta menikmati beberapa fasilitas serta layanan yang bisa mengakomodir kebutuhan pengembangan bisnis UMKM agar dapat berkembang dengan maksimal.
 

Sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, digitalisasi UMKM diharapkan bisa membantu mereka untuk bertahan di kala pandemi.

Namun, keterampilan digital masih menjadi salah satu penghalang bagi UMKM untuk memetik manfaat dari digitalisasi. 

Daya saing digital Indonesia masih di peringkat 56 dari 63 negara berdasarkan hasil survei IMD World Digital Competitiveness Ranking 2020 yang dirilis awal Oktober 2020 lalu.

Handhika menyampaikan bahwa pihaknya akan memperbanyak jumlah Kampus UMKM di berbagai kota, agar kesenjangan keterampilan digital mampu diatasi dengan lebih mudah melalui pilihan edukasi dan pelatihan tatap muka. 

(Baca juga: Ini Rahasia Agar Bisnis Tidak Hanya Tren Sesaat)

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), Elisabeth Ratu Rante Allo memberikan apresiasi atas dibukanya Kampus UMKM Shopee Jakarta. 

Dia menjelaskan bahwa Jakarta memerlukan dukungan ekosistem yang dapat membuat UMKM berkembang.

"Pembinaan komprehensif yang melalui program edukasi yang berkesinambungan diharapkan dapat memberikan pelaku UMKM tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya," kata Elisabeth.

Menurutnya, hadirnya Kampus UMKM Shopee Jakarta sebagai pusat pengembangan digital UMKM dapat membuat UMKM langsung memahami dengan detail mengenai cara berjualan online yang tepat, mendekatkan diri antara penjual kepada pembeli, hingga cara mengembangkan strategi bisnis digital secara optimal.

Kampus UMKM Shopee Jakarta ini menjadi yang ke-empat setelah pembukaan Kampus UMKM Shopee Ekspor di Bandung dan Solo, serta Kampus UMKM Shopee di Semarang.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

9 Tips Menghadapi Mom Shaming Biar Bunda Percaya Diri

BERIKUTNYA

Hengkang dari Woollim Entertainment, Mijoo Lovelyz Gabung Agensi Antenna

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: