Ilustrasi ibu dan anak (Dok. Laura Garcia/Pexels)

Bisa Bikin Depresi, Ini Dampak Negatif Mom Shaming terhadap Ibu

17 November 2021   |   12:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Mom shaming yang dilakukan oleh sesama ibu, orang tua, atau mertua sering kali dianggap sepele, karena dianggap sebagai bentuk perhatian kepada sesama ibu. Padahal, perilaku mengkritik atau mempermalukan seorang ibu atas pilihan cara asuhnya bisa berdampak buruk pada mental si ibu.

Menurut Psikolog Vera Itabiliana, perilaku mom shaming bisa membuat korban mengalami kecemasan berlebih, sehingga menurunkan rasa percaya dirinya terhadap kemampuannya dalam mengurus anak. Korban juga akan menilai bahwa dirinya adalah ibu yang buruk dan tidak pantas disebut sebagai ibu.

“Efek mom shaming bisa membekas lama, makanya harus cepat diatasi agar ibu tidak sampai depresi,” ujarnya.

Menurut survei yang dilakukan BukaReview terhadap 208 ibu milenial, dampak terbesar yang dialami oleh para ibu yang mendapatkan mom shaming di antaranya merasa cemas berlebihan saat mengambil pilihan dalam mengurus anak, menyalahkan diri sendiri tentang pola asuh yang diambil, dan merasa insecure dalam mengasuh anak.

(Baca juga: Riset Temukan Banyak Ibu Mengalami Mom Shaming)
 

Ilustrasi (Dok.  Tatiana Syrikova/Pexels)

Ilustrasi (Dok. Tatiana Syrikova/Pexels)

Hasil survei tersebut senada dengan yang dijelaskan oleh Vera. Menurutnya, ada beberapa efek jangka panjang secara psikologis dari mom shaming yang biasanya terjadi pada korban seperti berikut ini.


1. Menurunkan rasa percaya diri

Ibu yang merasa dihakimi secara sepihak oleh orang lain pasti akan merasa apa yang dilakukannya selama ini salah. Jika terus dialami, ibu bisa mengalami stres, depresi, hingga menelantarkan si kecil karena merasa tak mampu untuk merawatnya.
 

2. Merasa bersalah

Ibu yang secara menerus dibanjiri dengan kritikan atas pola asuhnya selama ini pasti akan lebih mudah menangis dan merasa bersalah, lantaran merasa dianggap tidak mampu dalam menjalani peran sebagai seorang ibu.


3. Cemas berlebihan

Hal ini karena gejolak hormon turut andil dalam mempengaruhi neurotransmitter di bagian otak. Kondisi ini akan menimbulkan gangguan kecemasan berlebih yang dampaknya bisa membuat ibu depresi dan berkeinginan untuk bunuh diri.


4. Merasa sendirian

Terus mendapatkan kritik akan membuat ibu merasa bahwa lingkungan sekitarnya tidak berpihak padanya. Menurut Vera, ibu yang terkena mom shaming rentan merasa terisolir karena menganggap dirinya salah dan tidak ada yang mendukungnya.

Oleh karena itu, Vera juga menerangkan bahwa korban mom shaming yang mengalami beberapa efek di atas tidak bisa menghadapi dan menyelesaikan masalahnya sendiri.

“Mereka butuh mencari support system yang mampu membantu mereka pulih dan kembali percaya diri,” kata Vera.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Free Fire Jadi Mobile Game Paling Banyak Diunduh Oktober 2021

BERIKUTNYA

2 Lukisan Abstrak Ini Mencetak Rekor Lelang di Sothebys Modern Evening Auction

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: