Netflix luncurkan situs top 10 konten di platformnya (dok. Netflix)

Netflix Punya Situs Baru Berisi Peringkat 10 Top Film & Serial di Platform

17 November 2021   |   11:09 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Raksasa media streaming Netflix meluncurkan laman web terbaru yang membagikan lebih banyak data metrik soal peringkat film dan serial teratas yang ada di dalam platform. Ini merupakan langkah lanjutan perusahaan menghadirkan daftar peringkat konten di platform miliknya.

Situs top10.netflix.com berisi daftar film dan serial teratas atau paling populer di layanan dengan sejumlah kategori, yakni Film (English), Film (Non-English), TV (English), dan TV (Non-English).

Setiap daftar yang masuk dalam judul teratas akan menampilkan jumlah jam ditonton. Untuk mendapat daftar itu, perusahaan akan melacak metrik konten Netflix selama periode Senin hingga Minggu dan dirilis pada Selasa tiap pekannya.

Perusahaan juga mempertimbangkan tiap musim dari serial sebagai satu judul tersendiri. Jadi pengguna mungkin saja melihat serial Stranger Things Season 2 dan Stranger Things Season 3 dalam daftar 10 teratas.

(Baca juga: Netflix Luncurkan Konten Game, Ini 5 Judul yang Bisa Dimainkan)

Selain itu, Netflix juga memberi gambaran tentang apa yang ditonton oleh pengguna di seluruh dunia dengan menerbitkan daftar Top 10 untuk hampir 100 negara dan wilayah. Akan tetapi, tidak ada jumlah penayangan dalam list ini.

"Terakhir, kami menyediakan daftar 10 film dan serial Netflix terpopuler di masing-masing kategori berdasarkan jam tangan setiap judul selama 28 hari pertama," tulis perusahaan.

Dalam laman tersebut, pengguna juga bisa mengunduh data metrik dengan kategori Global List, Country List, dan Most Popular List dalam format fail TSV dan Excel untuk melihat informasi yang lebih detail.

Langkah ini diambil Netflix untuk memberikan informasi mengenai metrik tayangan konten di dalam platform yang lebih transparan. Sebelumnya, perusahaan telah mengubah cara penetapan peringkat konten populer.
 

Laporan The Verge menyatakan bahwa sebelumnya Netflix membuat peringkat judul berdasarkan penyelesaian setidaknya dua menit pertama dari sebuah film atau serial dalam 28 hari pertama.

Akan tetapi, perusahaan mengubah metodenya dengan merilis peringkat berdasarkan jumlah total jam menonton film atau serial. Perusahaan menyebut metode ini memiliki indikator yang lebih baik dan lebih mudah dipahami pengguna.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Riset Temukan Ada Banyak Ibu Mengalami Mom Shaming

BERIKUTNYA

Tom Holland Kedatangan Doc Ock, Green Goblin & Electro di Trailer Spider-Man: No Way Home

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: