Ilustrasi (Dok. Mathieu Stern/Unsplash)

Voucher Gramasi, Cara Baru Berinvestasi Emas

16 November 2021   |   18:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Dengan kecanggihan teknologi, berinvestasi emas kini tak melulu dalam bentuk fisik, seperti emas batangan atau emas perhiasan. Orang-orang sudah bisa menabung emas secara online atau membeli voucher gramasi emas yang belum lama ini diluncurkan oleh platform Ultra Voucher dengan menggandeng distributor emas UBS.

Sesuai namanya, voucher gramasi emas merupakan sistem investasi emas dengan membeli voucher satuan gramasi emas tertentu.

Riky Boy Permata selaku Direktur Ultra Voucher menuturkan melalui Ultra Voucher, masyarakat dapat membeli emas sesuai pilihan berapa gramnya, sehingga memudahkan untuk berinvestasi bahkan untuk memberikannya sebagai hadiah.

“Walaupun bentuknya voucher, ini adalah voucher gramasi yang memang bersertifikat yang bisa diambil atau dikirim ke pemilik. Jadi ini sangat membantu kebutuhan investasi, hadiah, atau konsumsi,” ujarnya, baru-baru ini.

Riky menjelaskan kehadiran voucher gramasi emas ini didasari oleh antusiasme masyarakat terhadap instrumen investasi emas yang terus meningkat. Menurutnya, emas akan terus menjadi instrumen investasi yang tak lekang oleh zaman serta mudah dijual dan relatif lebih aman.

Salah satu keunggulan voucher gramasi emas yakni memberikan keuntungan bagi pengguna karena tidak perlu khawatir ketika suatu saat harga akan mengalami naik atau turun. Voucher ini dapat disimpan tanpa mengubah nominal karena konversi voucher yang didapat berdasarkan berat yang tertera tanpa dipengaruhi pergerakan harga emas.

“Jadi kalau sekarang beli harga gramasinya sekian, bulan depan harganya berubah, kita tetap memegang nilai gramasi dan tidak ada efeknya. Nah, ini menjadi nilai investasinya,” imbuhnya.

Senada, Direktur Utama PT Untung Omega Bersama, Deasy Yani Veronica, mengatakan peluncuran voucher gramasi emas merupakan perwujudan perkembangan teknologi yang kian pesat serta kian masifnya masyarakat yang mulai berinvestasi khususnya emas. Menurutnya, voucher gramasi emas akan menguntungkan untuk digunakan sebagai investasi jangka panjang.

“Setiap pengguna akan mendapatkan emas sesuai harga di saat melakukan transaksi tanpa harus ke luar rumah,” tuturnya.

Untuk melakukan transaksi voucher gramasi emas, pengguna aplikasi Ultra Voucher dapat menemukannya pada fitur Gold and Investment yang tertera pada halaman utama dan memilih merchant UBS. Selanjutnya, pengguna akan diberikan berbagai pilihan gramasi mulai dari 1-25 gram.

Konsep investasi voucher gramasi emas berbeda dengan tabungan emas secara online yang telah lebih dulu populer di masyarakat. Menurut Perencana Keuangan Mike Rini Sutikno, perbedaan di antara keduanya adalah manakala pada tabungan emas yang disimpan adalah harga emasnya, pada voucher gramasi yang disimpan adalah nilai atau beratnya.

“Kalau tabungan emas, kita secara rutin setor uang. Jumlah uang disetor langsung dikonversi ke harga emas hari itu, berbeda dengan voucher,” katanya kepada Bisnis.

Secara praktik, pada tabungan emas, seseorang bebas menyetor uang dengan nominal berapapun yang nantinya akan dikonversi dengan gramasi emasnya sesuai dengan harga emas hari transaksi. Berbeda dengan voucher, seseorang akan membeli emas sesuai dengan gramasi atau berat yang diinginkan.

Menurut Mike, kelebihan voucher gramasi emas tidak akan terpengaruh dengan fluktuasi harga emas, sehingga nilai investasinya tidak berubah. Dengan kata lain, meskipun membeli voucher hari ini lalu akan ditukarkan beberapa waktu kemudian, nilai gramasinya tetap tidak akan berubah.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips Riset Efektif dalam Menggali User Experience

BERIKUTNYA

The Fairies Ball, Dongeng Peri ala Sebastian Gunawan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: