Ilustrasi riset produk dan pengalaman pengguna. (Dok. Jo Szczepanska dari Unsplash)

5 Tips Riset Efektif dalam Menggali User Experience

16 November 2021   |   17:51 WIB

Dalam menjalankan bisnis, riset adalah hal yang vital dalam menentukan produk dan pengalaman pengguna (user experience) yang baik dan sesuai dengan kebutuhan. Hal ini sebagai strategi baru dalam pengembangan produk dan layanan yang dibutuhkan konsumen.

Enggak hanya itu, riset produk dan pengalaman pengguna ternyata punya dampak pada tingkat kesuksesan dan kenyamanan penggunaan situs terhadap bisnis yang berbasis halaman situs internet. Karena itu, berikut tips untuk melakukan riset produk dan pengalaman pengguna yang efektif.
 

1. Punya empati

Sikap empati penting dalam membuat solusi yang berorientasi pada pengguna karena hal ini bisa menjadi cara untuk lebih fokus dan objektif dalam merealisasikan apa yang dirasakan pengguna agar sebuah produk atau layanan bisa lebih berdampak bagi konsumen. Enggak hanya itu saja, hindari adanya asumsi dan keinginan sendiri dalam proses riset.
 

2. Ciptakan kolaborasi lintas divisi

Riset yang baik adalah riset yang melibatkan berbagai orang dari berbagai divisi yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan dalam upaya menjawab tantangan yang dialami pengguna dalam sisi produk, pemasaran, hingga bisnis. Selain itu, kolaborasi lintas divisi dalam riset juga punya manfaat dalam adanya sudut pandang yang berbeda sehingga hasilnya bisa lebih mendalam dan lengkap.
 

3. Fleksibel dan kreatif

Metodologi atau cara penelitian dalam riset ternyata enggak harus hanya satu metode lho! Genhype dalam hal ini bisa menggunakan berbagai macam metode dengan fleksibel dan mampu berinovasi dalam penerapan riset yang paling sesuai dengan situasi dan kondisi pengguna maupun pasar yang menjadi objek riset.

Contoh yang bisa menjadi pertimbangan adalah fokus pada riset yang bisa dilakukan di berbagai tempat secara daring tetapi kualitas hasil riset tetap terjaga layaknya riset tatap muka.
 

4. Perhatikan tren

Tren yang ada di masyarakat, baik berupa tayangan, meme, hingga hal lainnya bisa mendekatkan periset dengan pengguna. Hal ini bisa melihat dari tren kecenderungan pengguna dalam perilaku konsumsi, tren pemasaran, hingga tren bisnis yang sedang digeluti masyarakat umum.
 

5. Tentukan tujuan

Dalam riset untuk pengembangan produk dan layanan, penting untuk menetapkan tujuan yang harus dicapai agar riset yang dihasilkan bisa berkualitas dan bisa digunakan dalam proses pengambilan keputusan di waktu yang akan datang. Beberapa contoh tujuan riset adalah berkembangnya bisnis dan/atau produk yang semula ingin ditingkatkan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Nike Tunda Kolaborasi x Travis Scott Akibat Tragedi Astroworld

BERIKUTNYA

Voucher Gramasi, Cara Baru Berinvestasi Emas

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: