Ilustrasi perawatan kulit. (Dok. Anna Shvets dari Pexels)

Perempuan Indonesia Cari 3 Manfaat Ini di Produk Perawatan Kulit

13 November 2021   |   14:00 WIB

Penggunaan produk skincare atau perawatan kulit kini makin diminati oleh para perempuan di Indonesia. Perawatan kulit pada wajah dan tubuh dianggap sebagai salah satu rutinitas penting untuk menjaga kebersihan, kesehatan, serta penampilan kulit dan wajah dengan lebih baik untuk jangka panjang.

Dalam pemilihan produk kecantikan, tentu banyak di antara Genhype yang sudah menyadari akan pentingnya mencari produk sesuai dengan kebutuhan kulit. Ternyata, hal ini juga mulai diperhatikan oleh para perempuan di Indonesia lho!

Dalam riset ZAP Beauty Index 2021 yang dilakukan klinik kecantikan ZAP bersama dengan Markplus Institute, banyak dari perempuan Indonesia mencari tiga manfaat dalam produk perawatan kulit mereka: mencerahkan, melindungi dari sinar UV, dan membersihkan kulit.

Hal ini dilakukan karena gaya hidup masa pandemi yang cenderung banyak menggunakan masker dan juga terkena paparan sinar UV dari layar gawai dan perangkat elektronik.

Secara rinci, setidaknya 67,2-70,8 persen perempuan dari usia 15-56 tahun masih mencari produk yang mencerahkan kulit, 55-58,9 persen mencari produk yang bisa melindungi kulit dari sinar UV, dan 40,5-55,8 persen mencari produk yang bisa membersihkan kulit.

Tidak hanya itu, riset ini juga menemukan bahwa produk dengan manfaat menghilangkan bekas jerawat juga banyak diincar para perempuan Indonesia karena jerawat sendiri masih menjadi masalah kulit yang dialami perempuan Indonesia dari berbagai usia, baik muda maupun tua. Ini diperkuat dengan temuan bahwa 54,8 persen perempuan berusia 15-24 tahun dan 38,2 persen perempuan usia 41-56 tahun masih mencari produk yang mampu menyamarkan bekas jerawat.

Ada pun riset yang menarik adalah tingkat ketertarikan terhadap produk anti aging atau menunda penuaan yang mulai banyak diminati oleh beberapa perempuan usia 15-24 tahun, di mana setidaknya riset ini mencatat ada 41,7 persen perempuan yang mulai mencari produk tersebut. Menurut riset tersebut, hal ini menunjukan bahwa cukup banyak perempuan muda yang menjaga kulitnya agar tetap muda sejak dini.

Selain tentang manfaat produk skin care, hal lain yang juga menarik dalam riset ini adalah tingginya kepedulian dan kesadaran para perempuan Indonesia dalam melihat komposisi produk kecantikan hingga 63 persen di tahun ini. 

Angka ini jauh berbeda dibandingkan riset yang sama pada tahun 2020 yang mendapati hanya 22,3 persen perempuan yang memperhatikan komposisi bahan sebagai salah satu pertimbangan membeli produk kecantikan.

Masih selaras dengan pertimbangan pemilihan kandungan bahan di dalam produk perawatan kulit, pertimbangan komposisi ini selaras dengan hasil riset tentang kandungan di dalam yang dicari dalam produk perawatan kulit yang menunjukan bahwa banyak perempuan Indonesia mencari kandungan yang sesuai dengan manfaat yang dicari atau dari tipe kulit.

Hal ini semakin mengindikasi adanya personalisasi produk sesuai dengan kebutuhan kulit kini diminati oleh para perempuan Indonesia, terutama mereka yang memiliki kepedulian terhadap masalah kesehatan kulit yang harus diprioritaskan.



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

NCT Akan Kembali dengan Album Full-Length Universe pada Desember 2021

BERIKUTNYA

Snowdrop Hadirkan Kesan Romantis dalam Teaser Video Terbaru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: