Ilustrasi kegiatan dengan diri sendiri. (Dok. RODNAE Productions dari Pexels)

3 Tips Memperkuat Hubungan dengan Diri Sendiri untuk Kesejahteraan Mental

11 November 2021   |   13:25 WIB

Tahun ini, kesehatan mental menjadi salah satu hal yang semakin diperhatikan karena urgensi akan pentingnya menjaga keseimbangan dalam diri seseorang. Salah satu bagian di dalam kesehatan mental yang harus dirawat adalah kesejahteraan mental atau dikenal dengan sebutan mental wellbeing.

Kesejahteraan mental dengan memperkuat hubungan intrapersonal atau hubungan dengan diri sendiri ternyata memiliki banyak manfaat juga, beberapa di antaranya adalah adanya kemampuan memahami diri sendiri dan membangun koneksi dengan orang lain.

Berikut tiga tips menguatkan hubungan intrapersonal dari pakar hubungan, Inez Kristanti.
 

1. Buat rutinitas me time

 

a

Ilustrasi kegiatan dengan diri sendiri. (Dok. RODNAE Productions dari Pexels)

Meluangkan waktu dengan diri sendiri atau me time adalah waktu yang penting untuk mengenal diri lebih jauh, setelah melalui berbagai aktivitas yang padat. Me time sendiri bisa dilakukan sebagai sarana refleksi diri tentang apa hal yang harus dievaluasi, hal yang diinginkan, dan tujuan yang dicapai sehingga Genhype bisa terhubung dengan diri sendiri secara pikiran.
 

2. Biasakan journaling

 

Ilustrasi journaling. (Dok. Content Pixie dari Unsplash)

Ilustrasi journaling. (Dok. Content Pixie dari Unsplash)

Journaling atau kegiatan mencatat merupakan salah satu cara yang memperkuat hubungan dengan diri sendiri. Mirip dengan konsep menulis diary, Genhype bisa menuliskan berbagai hal yang mengganjal di dalam diri seperti berbagai peristiwa yang baru-baru ini terjadi. 

Dari sana, kalian bisa melihat penyebab dan solusi dari masalah tersebut untuk evaluasi dan pengembangan diri di waktu yang akan datang.
 

3. Bicara dengan ahli kesehatan

 

Ilustrasi journaling. (Dok. Christina @ wocintechchat.com dari Unsplash)

Ilustrasi konseling. (Dok. Christina @ wocintechchat.com dari Unsplash)

Ketika Genhype mengalami masalah kesehatan, coba untuk tidak membawanya menjadi stres dan bicarakan dengan ahli kesehatan jika dirasa berbicara dengan teman atau keluarga belum membantu.

Melalui sesi pertemuan dengan ahli kesehatan seperti psikolog, Genhype bisa mendapatkan dukungan dan bantuan kesehatan lebih cepat serta mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang penyebab masalah dan cara untuk mengurangi atau mengatasinya.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Waduh, 28.000 Ton Sampah Medis Covid-19 Terbuang Ke Laut

BERIKUTNYA

Angka Kekerasan Seksual di Kampus Masih Tinggi, Ini Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: