Ilustrasi dekorasi untuk perayaan Tahun Baru Imlek. (Sumber gambar: Pexels/Kevin Malik)

5 Item yang Bikin Rumah Cantik Saat Perayaan Imlek

20 January 2023   |   10:00 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Perayaan Imlek tinggal menghitung hari. Jatuh pada 22 Januari 2023, seluruh umat Tionghoa siap menyambut hadirnya tahun kelinci. Kota-kota biasanya mengadakan parade, menikmati berbagai makanan bersama kerabat, membeli baju baru sebagai lambang awal yang baru, serta saling memberikan angpao merah dan kado. 
 
Kendati demikian, perayaan tidak hanya dilakukan melalui parade, makanan, dan pakaian, tetapi juga melalui dekorasi rumah yang biasanya bertema merah. Dekorasi ini sebaiknya menyesuaikan tahun baru yang akan datang.

Baca juga: Kelinci Air, Cek Fengsui Dekorasi Ruang yang Bawa Hoki
 
Dalam budaya Tiongkok, tahun kelinci melambangkan umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran. Pemilik shio kelinci pun dipercaya memiliki kepribadian yang cerdas, tangkas, dan pandai. 
 
Nah berikut ini beberapa item dekorasi ruang yang bisa kamu aplikasikan untuk mempercantik rumahmu dalam menyambut perayaaan Tahun Baru Imlek 2023. 
 

1. Lampion Pengundang Kesuksesan dan Keberhasilan 

Lampion yang dipasang selama Tahun Baru Imlek dipercaya dapat mengusir nasib yang kurang baik. Berdasarkan ilmu fengsui, kamu dianjurkan untuk menggantung lampion di kedua sisi pintu secara sejajar untuk menyeimbangkan yin dan yang dalam kehidupan. 
 
Merah merupakan lambang keberuntungan dan kebahagiaan. Apabila kamu menggantungkan lampion merah di pintu masuk, artinya keberhasilan dan peluang akan datang menghampirimu. 
 

2. Pakai Organizer Bangun Energi Positif 

 

Organizer (Sumber gambar : IKEA)

Organizer (Sumber gambar : IKEA)

Suasana yang nyaman dan positif bagi keluarga dan teman sangat penting, terutama di ruang tamu yang harus bersih dan rapih. Menurut fengsui, ruangan yang tertata akan membawa aliran energi dan keseimbangan yang baik. Kamu bisa nih memanfaatkan storage box bisa membantu kamu merapihkan majalah, buku, dan benda-benda lain untuk membuat ruangan menjadi lebih apik.

Desainer IKEA Jennifer Idrizi mengatakan ada koleksi storage box terbaru yang terinspirasi dari lukisan plum blossom khas China dan dibuat dengan teknik ink wash untuk kaligrafi. Fitur yang paling menonjol dari desain tersebut adalah bunga-bunga berwarna putih yang kontras dengan latar polos.
 

3. Ciptakan Energi Tenang Dengan Bantal Cozy

Jangan lupa beristirahat sejenak karena perayaan yang panjang menunggumu. Nah, bantal kursi kelinci sangat cocok untuk kamu gunakan saat bersantai di sofa dan untuk menciptakan vibe yang homey di ruang tamu selama perayaan berlangsung. 
 
Desainer IKEA Willy Chong dan Zhelin Lian mengatakan. Imlek tahun ini pihaknya menggabungkan kelinci menggemaskan dalam desain produk terbaru. "Kami berharap dapat meningkatkan semangat Tahun Baru Imlek di rumah kamu sekaligus membawa nuansa yang rileks nan meriah di era pasca-pandemi ini," tuturnya, dikutip Hypeabis.id, Jumat (20/1/2023).
 

4. Table Runner Gapai Tekad Kuat dan Ketekunan

 

Table runner (Sumber gambar : IKEA)

Table runner (Sumber gambar : IKEA)

Selain ruang tamu, meja makan tentunya merupakan salah satu fokus utama dalam rangkaian perayaan Imlek. Table runner merah cocok untuk menghias meja makanmu dan juga bisa digunakan untuk mempercantik meja lain di rumah.
 
Dalam budaya Tiongkok, merah merupakan warna yang populer untuk melambangkan keberuntungan, sukacita, dan kebahagiaan. Sedangkan plum blossom adalah salah satu pohon buah yang mekar di akhir musim dingin, sehingga dianggap menjadi lambang harapan setelah melewati musim dingin yang panjang. 
 

5. Sumpit Cantik Penanda Umur panjang

Hidangan lezat seperti bakmi dan kuo tie sangat penting ketika merayakan Tahun Baru Imlek. Bakmi mewakili kesehatan dan kuo tie melambangkan kekayaan. 
 
Ketika makana mengumpulkan semua orang, dekorasi cantiklah yang akan membuat kerabat semakin betah. Untuk melengkapi momen kebersamaan di meja makan ini, kamu bisa menghadirkan dengan sumpit berdesain indah.
 
Sumpit merupakan tanda peradaban dan lambang sejarah Tiongkok. Sumpit juga menjadi bagian penting dari adat istiadat Tiongkok. Bagi para lansia, sumpit melambangkan umur panjang dan kesehatan. Bagi orang tua dan pasangan, sumpit menandakan kebersamaan sedangkan untuk anak-anak, hal ini merupakan lambang masa kecil yang bahagia. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Tayang di Disney+ Hotstar, Cek Fakta Menarik Film Jailangkung: Sandekala

BERIKUTNYA

Kolaborasi Diskoria, Laleilmanino, dan BCL Hadirkan Harapan dengan Badai Telah Berlalu

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: