Ilustrasi potret Ismail Marzuki (Dok. Kemdikbud)

Mengenal Sosok Ismail Marzuki, Sang Maestro Musik Indonesia

10 November 2021   |   11:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Nama Ismail Marzuki menghiasi tampilan laman utama Google pada Hari Pahlawan Nasional yang diperingati hari ini. Pemerintah Indonesia pun banyak memberikan penghormatan terhadap para pejuang Bangsa salah satunya dengan mengabadikan nama Ismail Marzuki yang sekarang menjadi Pusat Kesenian Jakarta-Taman Ismail Marzuki (TIM).

Lantas, siapa sebenarnya sosok Ismail Marzuki?
 

Tokoh komponis besar Indonesia

Dilansir dari laman Kemdikbud, Rabu (10/11), Ismail Marzuki adalah tokoh komponis besar di Indonesia yang  lahir 11 Mei 1914. Dia mendedikasikan dirinya untuk Indonesia lewat karya-karyanya. 

Semasa hidupnya, dia telah menghasilkan ratusan karya lagu, baik hasil ciptaannya sendiri atau lagu yang dia aransemen ulang seperti di antaranya Oh Sarinah, Rayuan Pulau Kelapa, Melancong di Bali, Halo-halo Bandung, Mars Arek-arek Surabaya, Indonesia Tanah Pustaka, Gugur Bunga di Taman Bhakti, Sepasang Mata Bola, dan Selamat Datang Pahlawan Muda.

Ismail lahir dari keluarga sederhana. Ayahnya, Marzuki, hanya wiraswasta kecil-kecilan di wilayah Kwitang, Senen, Jakarta Pusat. Dia tumbuh besar dalam asuhan ayahnya karena sang ibunda meninggal ketika dia dilahirkan.
 

Bakat musik dari sang ayah

Dunia musik sudah menyelimuti hari-hari Ismail kecil. Sang ayah diketahui merupakan seorang pemain rebana yang biasa dinamakan seni berdendang. Sambil melantunkan dzikir dan menabuh rebananya, suara Marzuki pun begitu menggema. 

Ada pesona cengkoknya yang khas. Berkat kemampuannya itu, Marzuki kerap tampil di acara sunatan, perayaan pengantin, cukuran anak, dan acara lainnya. Nampaknya pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya benar-benar terjadi pada bakat Ismail di kemudian hari.
 
1
2


SEBELUMNYA

Ini Sekilas Sejarah & Makna Hari Pahlawan Nasional yang Harus Diketahui

BERIKUTNYA

Cerita di Balik Penjurian Festival Film Indonesia 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: