dok. Parker Byrd on Unsplash

Plaform Digital Bikin Pelaku Usaha Makin Pede Berbisnis dari Rumah

09 November 2021   |   11:55 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Lokasi, lokasi, lokasi. Prinsip tersebut dulunya benar-benar menjadi patokan bagi pelaku usaha yang ingin sukses memulai bisnis. Namun kini saat semuanya sudah serba digital, lokasi bukan lagi menjadi patokan.
Banyak pelaku usaha yang kini sudah makin percaya diri alias pede untuk memulai bisnis dari rumah saja.

Bermodalkan smartphone dan sedikit kemampuan untuk go digital, pelaku usaha rumahan ini kian banyak yang sukses. Tentu saja hal ini tidak lepas dari makin banyaknya platform digital yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan teknologi untuk membantu perkembangan bisnis para pelaku usaha kecil dan mikro. 

Salah satu jenis layanan yang cukup signifikan mendongkrak perkembangan bisnis para pelaku usaha, terutama di bidang kuliner adalah layanan pesan antar makanan seperti GoFood. Hanya dengan mendaftarkan bisnisnya melalui GoFood, mereka tak lagi perlu susah payah mencari lokasi usaha yang strategis atau menyewa tempat yang mahal.

Sebab, hanya berjualan dari rumah atau gerai kecil saja, omzet bisnisnya dapat melesat hingga berkali lipat. Terlebih di masa pandemi ini, ketika terjadi pembatasan sosial dan banyak masyarakat yang beraktivitas dari rumah, mereka memilih untuk memesan makanan melalui layanan ojek online.

Ini tentu saja membawa berkah tersendiri bagi pelaku usaha kuliner yang beradaptasi memanfaatkan platform digital. Tak heran bila makin banyak pelaku usaha yang bergabung ke dalam platform digital layanan pesan antar.

Berdasarkan data dari GoJek, selama pandemi di tahun 2020, terdapat sekitar 250.000 mitra usaha yang baru bergabung di GoFood pada 2020. Dimana berdasarkan data dari Survei Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), 47% diantara mereka adalah pengusaha pemula yang baru memulai usaha di masa pandemi.

Jumlah pelaku usaha kuliner yang bergabung menjadi mitra GoFood di masa pandemi ini memang terbilang cukup tinggi. Sebab, sejak berdiri pada 2015 hingga saat ini jumlah mitra GoFood mencapai 1 juta, yang 99% diantaranya berskala UMKM.  Artinya 1 dari 4 mitra GoFood baru mulai bergabung di masa pandemi.

Kevin Aluwi, Co-Founder dan CEO Gojek mengatakan banyaknya pengusaha kuliner yang memilih mendigitalkan usahanya dengan menjadi mitra GoFood karena kehadiran GoFood dinilai tidak hanya mempermudah pengusaha pemula untuk go online tetapi juga mendukung pertumbuhan usahanya di tengah pandemi.

"Pendapatan rata-rata bulanan mitra usaha yang baru bergabung ke GoFood di masa pandemi hingga saat ini melonjak 7 kali lipat. Ini pula yang membuat sebagian besar mitra yang bergabung optimistis dengan bisnis yang mereka jalankan," ujarnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Catat Tanggalnya, Drama Korea Terbaru Jisoo BLACKPINK Tayang Perdana Desember 2021

BERIKUTNYA

Google Drive Uji Coba Search Chips, Fitur Pencarian yang Lebih Andal 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: