Ilustrasi wisata di taman nasional (dok: Leopard Hills)

Yuk Intip Lima Taman Nasional yang Populer di Dunia

07 November 2021   |   20:47 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

3. Taman Nasional Rathambore

 

Taman Nasional Rathambore (Rathamborepark.in)

Taman Nasional Rathambore (Rathamborepark.in)


Taman Nasional Ranthambore sempat menjadi perbincangan netizen di Tanah Air lantaran menjadi destinasi liburan pasangan selebritas Raisa Andriana dan Hamish Daud ketika berkunjung ke India. Taman nasional ini berada di bagian utara India, tepatnya di negara bagian Rajasthan.

Taman nasional yang memiliki luas 392 km2 itu populer dikenal sebagai habitat asli macan Bengal (Panthera tigris tigris), yaitu spesies macan yang paling banyak ditemukan di Asia. Selain itu, taman nasional ini juga menjadi rumah lebih dari 260 spesies burung.

Sebelum ditetapkan sebagai taman nasional pada 1980, lokasi Taman Nasional Ranthambore menjadi tempat Pangeran Philip, suami dari ratu Britania Raya Elizabeth II berburu harimau.

Sama seperti Taman Nasional Yellowstone, terdapat danau di Taman Nasional Ranthambore, yakni Danau Surwal terletak 25 km dari Ranthambore. Terdapat pula Benteng Ranthambore yang berdiri kokoh di atas bukit setinggi lebih dari 200 meter.

Perlu dicatat, waktu terbaik untuk mengunjungi Tamann Nasional Rathambore adalah antara November dan Maret. Karena pada saat itu merupakan musim migrasi burung-burung dari seluruh penjuru dunia yang mana mereka akan datang ke taman nasional tersebut.
 

4. Taman Nasional Greenland Timur Laut

 

Taman Nasional Greenland Timur Laut (Smiling Globe)

Taman Nasional Greenland Timur Laut (Smiling Globe)

Taman Nasional Greenland Timur Laut atau Kalaallit Nunaanni nuna eqqissisimatitaq merupakan salah satu taman nasional terbesar di dunia yang berada di satu pulau terbesar di dunia, Greenland. Luasnya mencapai 927.000 km2 atau lebih besar dari luas kebanyakan negara di dunia.

Didirikan oleh Kerajaan Denmark pada tahun 1974, pengunjung yang datang ke Taman Nasional Greenland Timur  bisa melihat beragam keindahan alam berupa pemandangan yang memukau hingga kehidupan fauna nan unik di dalamnya. Namun, tak sembarangan orang bisa berkunjung ke taman nasional ini.

Diperlukan izin dan tur khusus bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke taman nasional ini. Tentu saja tujuannya untuk menjaga kelangsungan hidup fauna yang ada di dalamnya dari ancaman manusia.

Satwa liar yang dapat ditemukan di Taman Nasional Northeast Greenland antara lain rubah arktik, cerpelai, beruang kutub, dan 40?ri total populasi musk oxen di dunia. Selain itu, terdapat anjing laut dan walrus di sekitar wilayah pantai serta paus di perairan sekitar.
 

5. Taman Nasional Great Barrier Reef

 

Taman Nasional Great Barrier Reef (Unsplash/Yanguang Lan)

Taman Nasional Great Barrier Reef (Unsplash/Yanguang Lan)

Berbeda dengan taman nasional lainnya, Great Barrier Reef atau Karang Penghalang Besar merupakan taman nasional yang sepenuhnya berada di wilayah perairan.  Taman nasional tersebut merupakan sebagian besar dari kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km di Laut Koral, lepas pantai Queensland, timur laut Australia.

Taman Nasional ini adalah tempat tinggal bagi lebih dari lebih dari 5.000 moluska, 1.500 spesies ikan, 125 spesies hiu dan pari, 30 spesies paus, 17 spesies ular laut, 6 spesies kura-kura, serta duyung dan juga buaya air asin raksasa. Great Barrier Reef dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization/UNESCO) 1981.

Great Barrier Reef juga terbuka untuk dikunjungi oleh wisatawan. Wisatawan bisa bermain dengan berbagai jenis ikan, penyu, paus dan sebagainya ketika berkunjung ke sana lewat aktivitas scuba diving atau snorkeling.

Bagi wisatawan yang tak bisa melakukan scuba diving atau snorkeling tak perlu khawatir, mereka tetap bisa menikmati keindahan laut di Great Barrier Reef dengan menggunakan sebuah kapal yang bagian lantainya di desain menggunakan kaca.


Editor: Indyah Sutriningrum
 
1
2


SEBELUMNYA

Simak 6 Manfaat Coating Mobil pada Musim Hujan

BERIKUTNYA

Nekat Menerobos Genangan Air, Ini Dampaknya Buat Mesin Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: