Komodo adalah salah satu satwa liar yang dapat menjadi bidikan kamera (sumber gambar ilustrasi: pexels/ Timur Kozmenko)

4 Destinasi Keren untuk Hunting Foto Satwa Liar

03 October 2022   |   17:26 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia adalah surga bagi para penggemar fotografi satwa liar. Di negara ini, beragam satwa liar dapat jadi objek menarik untuk kalian yang hobi hunting foto mulai dari satwa burung, mamalia, reptil dan lain-lain. Genhype bisa mulai hunting foto dengan mengunjungi sejumlah destinasi taman nasional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.20/Menlhk/Setjen/Kum.1/6/2018 Tentang Jenis Tumbuhan Dan Satwa Yang Dilindungi yang dilihat Hypeabis.id, terdapat 794 satwa yang dilindungi.

Satwa-satwa tersebut banyak yang terdapat berada di alam liar, dan banyak berada di area taman nasional yang ada di dalam negeri. Berikut sejumlah taman nasional yang dapat menjadi tempat bagi kalian untuk hunting mengambil gambar dari satwa liar.

Baca juga: Kebijakan Baru Taman Nasional Komodo, Pemerintah Berikan Dispensasi Selama 6 Bulan

Sebelum hunting foto, pastikan Genhype tetap mengikuti arahan petugas dan menjaga perilaku di sekitar satwa, ya. 


1. Taman Nasional Komodo

 

Salah satu tempat bagi Genhype untuk hunting foto satwa liar adalah Taman Nasional Komodo yang ada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di tempat ini, Genhype dapat menemukan beragam satwa liar yang segala macam gerakkannya sangat cantik untuk diabadikan.

Dilansir dari laman Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di taman nasional ini juga terdapat 277 spesies hewan selain habitat dari komodo. Hewan yang ada terdiri dari 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, dan 37 spesies reptilia.

Setidaknya ada 25 spesies hewan darat dan burung yang termasuk hewan dilindungi di tempat ini bersama dengan komodo. Adapun, hewan unik yang juga dapat ditemukan di tempat ini selain komodo adalah kakatua kecil jambul kuning (Cacatua sulphurea), blue white-lipped pit viper (Trimeresurus albolabris), pari manta raksasa (Manta birostris), dan kuda liar (Equus ferus).


2. Taman Nasional Gunung Leuser

 

Tempat ini adalah tempat yang juga dapat menjadi tujuan bagi kalian yang ingin hunting foto satwa liar untuk diabadikan di dalam jepretan foto. Bukan tanpa sebab, Taman Nasional Gunung Leuser yang berada di Sumatera Utara adalah rumah bagi satwa liar, dan merupakan salah satu kawasan penting bagi dunia.

Dilansir dari laman gunungleuser.or.id, taman nasional ini merupakan habitat dari mamalia, burung, reptil, ampibi, ikan, dan invertebrata. Tidak hanya itu, kawasan ini juga menjadi habitat bagi 380 spesies burung dengan 350 spesies di antaranya hidup menetap.

Kemudian, di kawasan ini juga diprediksi terdapat 36 dari 50 jenis burung endemik di Sundaland. Tidak hanya itu, dari 129 spesies mamalia besar dan kecil yang ada di seluruh Sumatera, 65 persen di antaranya ada di kawasan ini.


3. Taman Nasional Way Kambas

 

Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Lampung sangat terkenal dengan populasi gajahnya. Namun, bukan berarti para pemburu foto satwa liar hanya akan memenuhi kameranya dengan gambar gajah saja.

Selain gajah, di tempat ini juga terdapat beragam satwa liar yang dapat menjadi bidikan kamera para pecinta fotografi satwa liar, dan mengabadikannya ke dalam gambar.

Dilansir dari laman waykambas.org, para pecinta fotografi satwa liar dapat membidik burung tokhtor Sumatera atau sering di sebut sumatran ground-cuckoo (Carpoccocyx viridis), monyet ekor panjang (Macaca fascicularis), burung rangkong, dan sebagainya.


4. Taman Nasional Bali Barat

 

Tempat lain yang dapat menjadi tujuan kalian para pecinta fotografi satwa liar adalah Taman Nasional Bali Barat yang terletak di ujung barat Pulau Bali.

Dilansir dari laman dispar.bulelengkab.go.id, taman ini terletak di antara dua kawasan, yakni Kabupaten Buleleng dan kabupaten Jembrana. Dengan luas sekitar 77.000 hektare, kalian dapat membidik banyak satwa liar di tempat ini.

Salah satu dari banyak satwa liar yang dapat kalian temui dan diabadikan dengan jepretan kamera adalah Menjangan dan juga Jalak Bali yang hampir punah. Tidak hanya itu, kalian juga bisa hunting foto satwa liar bawah laut di tempat ini.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda
 

SEBELUMNYA

Ekonomis dan Menyehatkan, Ini Langkah Menanam Sayuran Hidroponik di Teras Rumah

BERIKUTNYA

Ladies, Simak 5 Cara Memilih Sepatu Kerja Wanita

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: