Ilustrasi coating mobil (dok: Suzuki Indonesia)

Simak 6 Manfaat Coating Mobil pada Musim Hujan

07 November 2021   |   19:46 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Bagi kalian penggemar otomotif,  tentu sudah tidak asing dengan istilah coating mobil. Coating mobil bukanlah cat yang menempel dan memberikan warna melainkan lapisan transparan yang ada di atasnya. Tujuan dari pemberian lapisan ini adalah untuk menciptakan perlindungan pada cat sekaligus bodi mobil.

Berkat lapisan ini jugalah tampilan mobil kalian bisa mengilap. Cara kerja dari coating mobil adalah dengan menutup pori yang terdapat pada permukaan cat. Melalui lapisan ini cat menjadi lebih tahan dari kotoran, air dan juga residu. 

Ada banyak manfaat coating mobil yang bisa dirasakan khususnya saat musim hujan. Menurut Suzuki Indonesia, setidaknya ada enam manfaat dari coating mobil yang bisa kalian dapatkan, khususnya saat musim hujan;

Baca juga: 4 Perawatan Mobil yang Penting Selama Musim Hujan
 

1. Melindungi dari air dan munculnya jamur

Coating berbentuk cairan yang setelah diaplikasikan di atas cat akan mengeras. Kemampuannya dalam menutup pori bodi mobil justru menciptakan efek water repellent atau yang disebut juga dengan efek daun talas. 

Pada saat hujan, air yang menempel pada bodi mobil akan langsung turun sehingga tidak menyentuh permukaan cat terlalu lama. Sehingga pada permukaannya tidak akan muncul noda yang sulit dihilangkan. 

Ketika tidak ada efek daun talas maka air yang menempel dan menciptakan noda bisa menjadi sumber jamur. Hal ini dikarenakan air meresap ke dalam pori mobil dan membuat tempat jamur untuk tumbuh. 

2. Melindungi dari goresan pada bodi mobil

Air hujan yang mengenai bodi mobil seringkali mengandung pasir bahkan ada juga hujan asam yang sangat berbahaya. Coating akan memberikan perlindungan pada bodi mobil dari goresan yang diakibatkan pasir dalam air hujan. 

Goresan juga bisa saja muncul karena tidak sengaja terkena kendaraan lain, ranting pohon atau benda tajam apapun saat Anda berkendara. Goresan-goresan halus akan diatasi oleh coating mobil. 

Jadi tampilan dari mobil akan tetap terlihat menarik bebas dari masalah goresan. Ketika muncul goresan Anda bisa langsung menyamarkannya menggunakan kompon.

3. Menjaga tampilan kilap pada mobil

Manfaat coating mobil yang ketiga adalah untuk mempertahankan kilap lebih lama. Hampir semua mobil keluaran baru selalu dilapisi dengan coating glossy atau mengkilap dibandingkan matte atau doff. 

Alasannya tampilan kilap memperlihatkan kesan mewah dan juga lebih tahan lama. Mobil akan terhindar dari tampilan kusam walaupun penggunaannya terus menerus di segala musim. Sehingga warna dari cat mobil akan selalu tampil optimal sepanjang tahun.

 4. Menjaga dari sinar UV

Secara umum, selain musim penghujan sinar UV saat musim panas juga menjadi penyebab mengapa cat mobil lebih cepat kusam. Tanpa adanya lapisan coating maka kalian akan mendapati mobil kusam dalam waktu beberapa bulan saja. 

Apalagi jika kalian memiliki kebiasaan memarkir kendaraan di area yang langsung terkena sinar matahari seperti lapangan terbuka. Sinar UV cukup berbahaya bagi cat mobil karena akan mempercepat pemudaran warnanya. 

Namun dengan adanya lapisan coating maka warna cat bisa bertahan lebih lama. Anda pun jadi lebih percaya diri ketika berkendara. 

5. Meningkatkan kenyamanan saat berkendara

Bagi kalian yang mungkin baru saja membeli mobil baru pasti sering merasa was-was ketika berkendara di jalanan macet. Pasalnya takut bodi mobil terkena goresan halus dari pengendara sepeda motor atau lainnya. 

Kalian tidak perlu was-was lagi jika sudah membeli mobil yang telah dilapisi dengan coating. Karena masalah goresan tidak akan mudah muncul karena adanya lapisan pelindung yang lebih kuat. Inilah manfaat dari coating mobil yang bisa membuat kalian lebih nyaman berkendara. 

6. Mempermudah perawatan

Manfaat coating mobil lainnya yang tidak ketinggalan adalah kalian jadi lebih mudah melakukan perawatan bodi mobil yang rutin. Mulai dari mencuci mobil atau memolesnya supaya bisa jadi lebih mengkilap lagi. 

Alasannya karena adanya efek daun talas dan kedua air tidak akan meresap ke dalam pori cat. Anda bisa lebih nyaman untuk mencuci mobil sendiri tanpa harus pergi ke salon mobil terus menerus. 

Jika terdapat kotoran yang menempel kalian bisa langsung mengelapnya dengan kain basah kemudian dikeringkan. Noda tidak akan menempel pada permukaan bodi mobil yang licin.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Simak Penjelasan Arti dari Marka Jalan yang Berbeda-Beda, Jangan Salah Genhype

BERIKUTNYA

Yuk Intip Lima Taman Nasional yang Populer di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: