Ilustrasi wisata di taman nasional (dok: Leopard Hills)

Yuk Intip Lima Taman Nasional yang Populer di Dunia

07 November 2021   |   20:47 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Taman nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi. Fungsi utama taman nasional adalah untuk konservasi alam.

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia No. 46/2016 tentang Pemanfaatan Jasa Lingkungan Panas Bumi pada Kawasan Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam, taman nasional (TN) merupakan kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Taman nasional memiliki fungsi utama untuk konservasi atau pengawetan alam, di berbagai negara memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Meskipun berbeda-beda, di taman nasional umumnya terdapat flora dan fauna yang khas dan unik, ekosistem yang masih terjaga atau belum terjamah manusia, luasan yang cukup untuk menunjang proses ekologi, dan dikelola melalui sistem zonasi kawasan sesuai dengan fungsinya.

Baca jugaSimak Beberapa Hal Ini Sebelum Berwisata ke Taman Nasional

Tidak hanya di Indonesia, Taman Nasional juga tersebar di sejumlah negara di dunia. Setidaknya ada lebih dari 6.000 Taman Nasional yang diakui di dunia hingga saat ini.

Nah, berikut ini adalah lima taman nasional terpopuler di dunia. Beberapa di antaranya merupakan destinasi wisata yang tak boleh kalian lewatkan ketika mengunjungi negara tempatnya berada.
 

1. Taman Nasional Kruger

 

Taman Nasional Kruger (dok: Britanicca)

Taman Nasional Kruger (dok: Britanicca)


Taman Nasional Kruger atau Kruger National Reserve merupakan salah satu cagar alam terbesar yang ada di Afrika. Taman nasional ini memiliki luas 19.485 km2 yang terbagi di dua provinsi di Afrika Selatan, yakni Limpopo dan Mpumalanga.

Taman nasional yang dibuka untuk umum sejak 1926 ini merupakan rumah dari 147 spesies mamalia, 114 spesies reptil, 507 spesies burung, 34 spesies amfibi, dan 336 spesies tumbuhan.

Termasuk di antaranya adalah spesies yang terancam punah seperti anjing liar afrika (Lycaon pictus), badak hitam afrika selatan (Diceros bicornis minor), rangkong tanah afrika selatan (Bucorvus leadbeateri), dan elang bateleur (Terathopius ecaudatus).

Taman Nasional Kruger menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Afrika Selatan. Pengunjung dapat mengikuti tur menggunakan kendaraan terbuka dan melihat dari dekat bagaimana kehidupan satwa liar disana, termasuk binatang buas seperti singa afrika timur (Panthera leo melanochaita) dan macan tutul afrika (Panthera pardus pardus).

Tidak hanya itu, taman nasional ini juga menawarkan pengalaman bermalam di hotel berbintang lima yang berada di tengah-tengah alam liar.

 

2. Taman Nasional Yellowstone

Taman Nasional Yellowstone ( Grand Targhee Resort)

Taman Nasional Yellowstone ( Grand Targhee Resort)

Taman Nasional Yellowstone merupakan taman nasional tertua di Amerika Serikat maupun dunia. Taman nasional yang dibuka pada 1872 ini merupakan bagian dari Ekosistem Yellowstone Raya, ekosistem utuh terbesar yang masih tersisa di zona iklim sedang utara bumi.

Taman nasional ini terletak di tiga negara bagian, antara lain Wyoming, Montana, dan Idaho, dengan luas mencapai 8.983 km2. Termasuk di antaranya adalah Danau Yellowstone dan Kaldera Yellowstone yang merupakan supervolcano terbesar di Amerika.

Sebagai catatan, setengah dari energi panas bumi atau geothermal dunia berasal Kaldera Yellowstone. Kaldera tersebut tercatat pernah mengalami letusan dahsyat selama dua juta tahun terakhir.

Taman Nasional Yellowstone menjadi rumah bagi sejumlah spesies satwa maupun tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di wilayah tersebut atau endemik. Beberapa di antaranya meliputi beruang grizzly (Ursus arctos horribilis), beruang hitam amerika (Ursus americanus), domba bertanduk besar (Ovis canadensis), dan kambing gunung (Oreamnos americanus).

Aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan di Taman Nasional Yellowstone meliputi mendaki, berkemah, berperahu, memancing, menikmati pemandangan, dan melihat bagaimana kehidupan satwa liar dengan tur khusus.
1
2


SEBELUMNYA

Simak 6 Manfaat Coating Mobil pada Musim Hujan

BERIKUTNYA

Nekat Menerobos Genangan Air, Ini Dampaknya Buat Mesin Mobil

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: