sumber gambar ilustrasi : Kara Muse dari Pexels

Begini Potret Kreativitas Para Seniman Jalanan

06 November 2021   |   13:13 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

L Project menyelenggarakan pameran ON & OFF PRESSURE, yakni sebuah pameran yang menggambarkan energi yang nyala dan mati di ruang publik di mana energi tersebut memantik berbagai isu yang hadir dan terjadi di masyarakat. Pressure dalam judul ini menjelaskan akan tantangan yang datang dari berbagai pihak.

Kurator Bambang Asrini dalam kuratorialnya menyebutkan ON/OFF adalah simbolisasi sebuah saklar memati-hidupkan proses berkreasi seniman jalanan.

Dalam konteks polemik nasional beberapa bulan terakhir, yakni pada Juli-September 2021, seni jalanan distigma sebagai aksi vandalisme. Karya-karya itu juga sempat disampirkan dalam isu politik yang kental.

Jadi, pameran  ini ingin menyampaikan pesan bersama bahwa seni jalanan hadir secara majemuk, merdeka, dan memang sebagai jeda atas intervensi seni di ruang-ruang publik yang setara.

Mereka—para seniman jalanan--secara psikis dan alamiah menginisiasi untuk menyampaikan pernyataan esensial tentang ekspresi-ekspresi yang privat dan yang komunal. 

Seniman street art ini niscaya terhubung dengan isu apapun, dari pengalaman personal yang abstrak, politik, lingkungan hidup, keadilan sosial, popularitas dalam kehidupan urban dan konsumerisme (isu urban life) sampai kusutnya kehidupan kota besar dalam ruang kesetaraan warga.

Tidak Ada Tekanan Apapun bagi seniman-seniman ini untuk Bebas Berkarya dan memilih konten Ekspresi Estetik mereka. Tajuk kuratorial ON/OFF PRESSURE secara personal adalah undangan kemajemukan bagi seniman yang bisa ditafsirkan tentang pergumulan atas “tekanan” tatkala aksi-aksi di jalanan dihadapi dalam sejarah personal atau kelompok-kelompok/ kolektif seni mereka.

Tekanan-tekanan itu dalam artian positif dan negatif, sejatinya adalah akumulasi energi untuk selalu menyala dalam diri seniman jalanan. 

Sementara itu, ruang publik adalah hadirnya keniscayaan berbagai “tekanan” yang bisa jadi sangat personal dialami dalam kerja-kerja seni mereka. ON/OFF Pressure selalu dan akan tetap ada sepanjang hayat menyelimuti aksi dan kreasi seniman jalanan tersebut.

Editor Fajar Sidik
 

SEBELUMNYA

Begini Cara Aman & Cuan dalam Investasi Aset Kripto

BERIKUTNYA

Ini 4 Faktor Penting yang Harus Diperhatikan dalam Aset Kripto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: