dok.Serpong Garden Apartment

Tips Bagi Milenial Membeli Apartemen Biar Enggak Buntung

05 November 2021   |   19:52 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Belakangan apartemen mulai banyak dilirik oleh generasi milenial, Genhype termasuk enggak ya? Banyak nih di antara mereka yang kepincut bahkan memutuskan untuk memilikinya. Ada beberapa pertimbangan yang membuat apartemen begitu diminati kaum milenial.

Pengamat properti Alviery Akbar menjelaskan bahwa apartemen diminati karena fasilitas yang dimilikinya, mulai dari kolam renang, pusat kebugaran hingga ruang serbaguna. Hal ini berbeda dengan kos-kosan yang tidak menyediakan fasilitas pendukung.

Selain itu, harga sewa apartemen yang tidak jauh berbeda dari kos-kosan. Tak kalah penting, apartemen juga memiliki nilai yang bertambah sehingga menarik kaum milenial.

“Nilai apartemen semakin tinggi dari waktu ke waktu. Makanya, ini bisa jadi investasi sendiri saat kalangan muda, khususnya pelajar dalam memilih hunian di daerah rantau,” tutur Alviery Akbar.

Meski kebutuhan apartemen begitu tinggi, sayangnya hal ini tidak diimbangi dengan pengetahuan yang memadai. Alih-alih untung, generasi milenial malah ‘buntung’ saat membeli apartemen. Sebab, faktanya memilih apartemen tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial untuk memilih apartemen yang sesuai dengan karakter mereka. Agar tidak menyesal, 4 poin di bawah ini dapat menjadi panduan yang bisa diterapkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen. 
 

1.      Cari tahu kredibilitas dan rekam jejak pengembang

Pertama, ketahuilah kredibilitas dan rekam jejak pengembang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah unit apartemen adalah. Tujuannya adalah agar apartemen yang dibeli nanti tidak bermasalah di kemudian hari dan kualitasnya terjamin.

Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial untuk melakukan riset terlebih dahulu melalui internet. Pastikan pengembang apartemen tersebut memiliki reputasi yang baik, bersih dan tidak pernah terjerat kasus hukum.
 

2.      Harga terjangkau

Generasi milenial adalah generasi yang biasanya belum matang dalam mengelola keuangan. Kebutuhan pokok dan gaya hidup yang mengikuti tren kerap menjadi tantangan tersendiri bagi millenial untuk disiplin dalam menejemen keuangan.

Apartemen dengan cicilan terjangkau, dengan stimulan uang muka (Down Payment) menjadi solusi millenial memiliki hunian. Apalagi jika berpotensi investasi yang tinggi. Selain hemat cicilan, juga bisa menjadi sumber penghasilan di masa depan.
 

3.      Lokasi mudah terakses dengan transportasi umum dan fasilitas publik.

Jika ingin menetap dalam waktu lama dan tidak ada rencana pindah pekerjaan, pertimbangkanlah apartemen yang berlokasi di daerah suburban atau kawasan penyangga ibukota. Lokasinya tidak berada persis di pusat kota namun memudahkan penghuni untuk berpergian ke berbagai fasilitas publik karena adanya akses transportasi dan berbagai fasilitas publik. Ini penting karena berkaitan dengan tujuan jangka panjang sekaligus untuk meminimalisasi biaya yang terlalu tinggi.

Dalam hal ini, apartemen yang mengusung konsep TOD (Transit Oriented Development) bisa jadi pilihan karena terintegrasi langsung dengan transportasi umum. Alhasil, penghuni dapat menghemat waktu sehingga produktivitas akan meningkat karena dapat tiba di lokasi yang dituju dengan lebih cepat dan mudah.

Salah satunya seperti Serpong Garden Apartment yang memiliki lokasi strategis karena terintegrasi dengan moda transportasi umum. Di sini, kalian hanya tinggal beberapa langkah saja menuju Stasiun Cisauk dan terminal shuttle bus
 

4.      Pembayaran yang fleksibel

Meski terkesan murah, tetapi perlu diperhatikan metode pembayarannya.  Mengingat cashflow milenial yang terkadang belum stabil. Jika ada developer yang menawarkan metode pembayaran cicilan fleksibel sesuai dengan kemampuan, bagus juga untuk dipertimbangkan.
 
Pastikan apartemen yang hendak diincar telah mengadakan program KPA dengan bank ternama yang menawarkan berbagai pilihan tenor. Semakin fleksibel pembayarannya, kalian menjadi punya beragam opsi yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Strategi Perusahaan Agar Karyawan Nyaman Kembali Bekerja di Kantor

BERIKUTNYA

Wow, Ada Bantuan Rp1 Triliun untuk Pemulihan Usaha Mitra Gojek

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: