sumber gambar: Komunitas Tangsel Creative Foundation

Pameran Artidentity Angkat Isu Kultur Pangan

05 November 2021   |   16:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Komunitas Tangsel Creative Foundation bekerja sama dengan Direktorat Perfilman Musik dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Riset dan Teknologi menggelar pameran dua tahunan Artidentity.

Pameran kali ini mengusung tema Kultur Pangan dengan kurator Hilmi Fabeta dan Indah Ariani yang akan dilaksanakan pada 1-17 Noveber 2021 di City Gallery, Kota Tangerang Selatan.

Kurator Hilmi Fabeta mengatakan tema Kultur Pangan dipilih untuk merespons kemunculan kesadaran masyarakat untuk kembali memperhatikan kekayaan ragam pangan yang dimiliki setiap daerah di Indonesia.

“Agar dapat membangun ketahanan pangan sesuai dengan potensi yang tersedia,” katanya dalam rilis yang Hypeabis.id, Jumat (5/11/2021).

Berbeda dengan pola acara sebelumnya, pada 2021 ini, Artidentity menggelar panggilan terbuka (open call) untuk memilih peserta dari berbagai daerah di Indonesia untuk ikut serta. Panggilan terbuka yang diadakan pada 10-20 September 2021 dilakukan sebagai upaya menjaring bakat baru seni media dari berbagai wilayah di Indonesia.

Hasilnya, sebanyak 14 student artists terpilih dari hasil seleksi 32 proposal karya yang masuk. Student artist yang terpilih terdiri dari individu dan kolektif.

Mereka antara lain Agung R. Prakarsa (Yogyakarta), Alif Starfath (Tangerang Selatan), Benny Saputra (Bukittinggi), Henry Rico  Alexandro Lumba (Kupang), Indra Gunawan (Padang), Iyusman Utomo (Tangerang Selatan).

Kemudian, Kelompok Bertiga (Surabaya), Leona Valencia Liem (Jakarta), Muhammad Akram (Pare pare), Nidiya Kusmaya (Sukabumi), Rezza Rainaldy (Bekasi), Riyadhus Shalihin (Bandung), Trino Junaidi (Singkawang), dan Vanessa Martida (Denpasar).

Selain 14 student artist tersebut, Artidentity juga menghadirkan karya tiga seniman undangan yakni Eldwin Pradipta (Bandung), Moch. Hasrul (Tangerang Selatan), dan Bujangan Urban (Jakarta).

Kemudian terdapat juga kolega seniman dari berbagai komunitas kreatif antara lain Sir Dandy (Tangerang Selatan), Helmi Hardian dari kolektif seni Waftlab (Surabaya), dan Deden dari kolektif Lari-lari Kecil (Tangerang Selatan).  

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Film Ini Bakal World Premiere di Jakarta Film Week 2021

BERIKUTNYA

Riot Games x Epic Games, Karakter Utama Arcane Hadir dalam Game Fortnite

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: