dok. Tyler Franta on Unsplash

Ini Loh Keuntungan Memulai Bisnis Waralaba

03 November 2021   |   15:24 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Bagi Genhype yang ingin memulai bisnis tetapi masih belum tahu mau berbisnis apa, kalian boleh mencoba untuk memulainya dengan usaha waralaba. Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) Tri Raharjo mengatakan banyak keuntungan yang bisa didapatkan ketika memilih untuk ikut dalam sistem waralaba.
 

1. Bisnisnya sudah berjalan.

Bisnis yang menggunakan sistem  waralaba umumnya merupakan bisnis yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun dan terbukti menguntungkan atau sudah berhasil mencetak laba dalam periode yang pasti. Sistem dan prosesnya pun tergolong mudah diterapkan dan dijalankan.
 

2. Sistem pemasaran sudah teruji 

Merek waralaba tentu saja sudah dikenal oleh masyarakat luas karena memiliki sistem marketing dan pemasaran yang juga sudah teruji.
 

3. Mendapat pelatihan.

Franchisee atau kalian yang memilih menjadi mitra bisnis ini akan mendapatkan pelatihan, pendampingan, dan dukungan berkelanjutan oleh franchisor sebagai pemilik waralaba. Dengan begitu, kalian tidak perlu harus memulai semuanya dari nol.
 

4. Memiliki SOP yang baik.

Bisnis franchise atau waralaba sudah memiliki standard operating prosedur sehingga akan lebih memudahkan dalam menjalankan usaha.
 

5. Risiko lebih rendah.

Menjalankan bisnis waralaba juga memiliki tingkat resiko yang lebih rendah dibandingkan dengan memulai usaha sendiri. “Karena itu, memilih bisnis waralaba pada masa pandemi menjadi alternatif solusi bagi masyarakat yang akan berbisnis,” ujarnya.

Meski demikian, dia juga tetap mendorong para pelaku usaha waralaba pewaralaba maupun terwaralaba harus terus melakukan berbagai strategi untuk bertahan dari pandemi Covid-19, termasuk melakukan inovasi dan digitalisasi.

“Seperti kita ketahui semua sektor bisnis perlu adaptif dalam pemasaran dan produknya. Tentunya dapat dilakukan dengan inovasi dan digitalisasi, karena perilaku konsumen selalu berubah mengikuti perkembangan zaman,” tuturnya.

Dia juga meyakini bahwa bisnis waralaba akan bertumbuh di tahun 2020. WALI akan terus berupaya mencari solusi bagi para pelaku bisnis terutama waralaba dan lisensi agar mampu menghadapi pandemi di Indonesia.

“Agar bisnis waralaba dapat bertumbuh di 2022, seluruh pemangku kepentingan harus saling kerjasama untuk menggerakan investasi di bisnis waralaba, dan menjaga performance outlet waralaba untuk tetap survive, dan beradaptasi dalam memasarkan produk dengan situasi pandemi covid-19,” terangnya.

Untuk lebih mendorong bisnis waralaba dan lisensi terus berkembang,  WALI baru saja menggelar forum berskala internasional bertajuk Asean Franchise, License & Business Forum (AFLB) 2021 pada Jumat 29 Oktober 2021 sekaligus dalam rangka ulang tahun ke-16 WALI.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Game Seluler Harry Potter: Wizards Unite Dipastikan Tutup Awal 2022

BERIKUTNYA

Asyik, Boy Group Wanna One Bakal Reuni di Mnet Asian Music Awards 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: