dok. unsplash

Waspadai Email Phising, Berikut Cara Mencegah Modus Penipuan

29 October 2021   |   17:48 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Genhype pernah enggak mendapatkan email dari pengiriman yang tidak dikenal, tetapi mereka menyamar sebagai orang atau organisasi berwenang? Hati-hati ya karena ini adalah modus penipuan untuk mendapatkan infomasi pribadi seperti user ID, pasword dan data-data sensitif lainnya.

Email seperti ini disebut juga dengan email phising. Nah supaya Genhype tidak terjebak dalam bahaya modus tersebut, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.
 

1. Stop

Jika kalian mendapatkan email phishing tersebut jangan pernah sekali-kali membalas dengan informasi apapun atau mengklik link yang dikirimkan di dalam email dari pengirim yang enggak dikenal tersebut.
 

2. Spot

Perhatikan email yang kalian terima, apakah ada yang mencurigakan. Jangan lupa untuk memeriksakan nama pengirim, subjek, atau berhati-hatilah jika ada kalimat yang menimbulkan kecurigaan.
 

3. Report

Jika email yang masuk terlihat mencurigakan dengan mengatasnamakan instiusi tertentu maka konfirmasikan kebenaran tersebut dengan meneruskan atau memforward emailnya ke customer care atau customer service institusi tersebut.
 

4. Delete

Jika memang kalian sudah benar-benar yakin kalau email tersebut adalah email phishing yang berupaya untuk melakukan penipuan, segera hapus emai tersebut ya.

Jaga selalu data pribadi kalian ya Genhype, jangan pernah menginformasikan kepada siapapun termasuk oknum-oknum yang mengatasnamakan institusi tertentu.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pose Bareng untuk Iklan, IU & Kai EXO Dinilai Enggak Punya Chemistry

BERIKUTNYA

Rasakan Sensasi Menginap di Kamar Hotel Bung Karno, Segini Tarifnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: