Ilustrasi Gmail (dok: Unsplash/Solen Feyissa)

Ruang Penyimpanan Gmail Kalian Cepat Penuh? Ini Solusinya

18 August 2021   |   13:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Surel (e-mail) yang menumpuk tentunya akan sangat menganggu karena membuat surel baru yang masuk tidak terlihat atau tidak bisa masuk ke alamat tujuan. Sebenarnya mudah saja, tinggal membayar biaya berlangganan untuk menambah kapasitas penyimpanan masalah tersebut bisa teratasi.

Namun, bagi orang-orang yang berkantong cekak, seperti contoh pelajar, menggunakan layanan surel berbayar demi mendapatkan kapasitas penyimpanan tambahan tentunya bukanlah pilihan bijak.

Dahulu, membuat alamat email penuh butuh waktu lama lantaran ukuran file tak sebesar seperti saat ini. Kapasitas penyimpanan email yang tak lebih dari 15GB untuk layanan Google Mail atau Gmail contohnya, saat ini hanya membutuhkan waktu kurang dari setahun untuk penuh.

Keberadaan gambar dan lampiran berjenis PDF yang banyak digunakan dalam email penawaran menjadi salah satu penyebab mengapa kapasitas 15GB masih saja kurang. Lantas, apa yang harus dilakukan agar kapasitas email yang penuh tidak menghambat pekerjaan?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk 'membersihkan' alamat surel. Berikut adalah langkah yang perlu kalian ikuti untuk mengembalikan alamat surel yang penuh atau hampir penuh agar bisa digunakan sebagaimana mestinya;

1. Cari tahu berapa banyak yang kalian gunakan.
Masuk ke akun Google kalian, lalu kunjungi situs Google One. Di bawah judul Penyimpanan, Anda akan melihat berapa banyak yang telah Anda simpan sekarang.

2. Tangani item terbesar terlebih dahulu.
Google menyarankan untuk mengetik "memiliki: lampiran lebih besar: 10M" ke dalam bilah pencarian untuk menemukan email dengan lampiran terbesar.

Email dengan video, PDF, dan foto besar akan muncul. Unduh semua lampiran yang ingin kalian simpan ke dalam hard drive komputer Anda. Kemudian pilih dan hapus email tersebut. Jika Anda memiliki ribuan email, kalian harus melakukannya beberapa kali. Di komputer pribadi, Anda juga harus pergi ke sisi kiri halaman, klik Menu | Sampah | Kosongkan Sampah Sekarang.

3. Cari berdasarkan pengirim.
Adalebih dari dua lusin spesifik lainnya dengan tips dari halaman dukungan Gmail Google. Jangan lupa untuk mengklik Pilih Semua di folder spam, promosi, dan tab sosial untuk menghapusnya.

4. Menggunakan aplikasi untuk membersihkan.
Kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk membersihkan alamat surel yang penuh. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan adalah Mailstrom. Aplikasi Mailstrom dimulai dengan uji coba gratis selama dua minggu, tidak memerlukan kartu kredit, untuk menghapus hingga 2.500 surel yang sekiranya tidak penting atau memenuhi di alamat surel kalian.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Letterboxd, Tempatnya Pencinta Film Berjejaring & Ulasan Karya

BERIKUTNYA

Cantik Alami ala K-Beauty dengan Konsep Bare Essentials

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: