Ilustrasi mobil berwarna putih (Media Studio Hongkong: Unsplash)

9 Cara Merawat Mobil Putih Kalian Agar Tetap Kinclong

28 October 2021   |   20:38 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Ada banyak orang yang menjatuhkan pilihannya untuk membeli mobil putih. Beberapa alasannya adalah adalah karena tampilannya yang lebih eye catching. Mobil warna ini juga akan memperjelas sorot lampu mobil seperti lampu rem karena sifatnya yang memantulkan cahaya. 

Mobil dengan pilihan warna ini, selain bisa memperjelas sorot lampu, juga bisa menangkal hawa panas karena sifat memantulkan cahaya matahari. Hal ini sangat menguntungkan pengendara yang tinggal di daerah panas yang memiliki mobilitas tinggi.

Nilai jual kembali jauh lebih tinggi dibanding dengan mobil dengan warna lain karena mobil warna putih sudah menjadi warna favorit. Alasan lain adalah mobil dengan warna ini lebih mudah terlihat dan lebih mudah berada dalam pengawasan.

Sayangnya mobil ini memiliki kekurangan, seperti mobil ini perlu perawatan ekstra karena gampang menguning jika warna tidak dirawat dengan baik. Agar warnanya menjadi awet, berikut ini adalah beberapa cara merawat mobil putih mengutip Suzuki Indonesia;
 

1. Kurangi menjemur mobil putih di bawah matahari langsung

Salah satu cara merawat mobil putih adalah dengan menghindari memarkir mobil Anda di bawah terik matahari langsung. Usahakan untuk mendapat tempat yang teduh sebelum benar-benar meninggalkan mobil.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga mobil putih dari sinar UV yang dapat menyebabkan warna mobil bisa menguning. Carilah tempat yang benar-benar teduh, sehingga sinar matahari tidak akan mengenai mobil kalian.

Akan lebih baik jika kalian parkir di dalam gedung yang memiliki basement. Atau jika di rumah tidak ada garasi ataupun pohon rindang, bisa memakai penutup mobil yang dilengkapi dengan penangkal sinar UV.
 

2. Rajin menjaga kebersihan mobil

Cara merawat mobil warna putih selanjutnya adalah dengan rajin membersihkan mobil tersebut, seperti mengelapnya setelah seharian dipakai, atau mencucinya beberapa hari sekali. Hal ini dimaksudkan agar debu dan kotoran tidak menumpuk sehingga akan menutupi warna mobil.
 

3. Hindari mencuci mobil putih di bawah sinar matahari

Langkah satu ini tidak hanya berlaku untuk mobil berwarna putih saja, untuk yang berwarna lain pun juga sama. Banyak orang yang lebih senang mencuci mobilnya di bawah sinar matahari dengan harapan mobil akan lebih cepat kering saat terkena panas matahari. 

Anggapan tersebut memang benar, akan tetapi apabila mobil terkena sinar matahari langsung, lama kelamaan dapat menyebabkan warna cat mobil cepat pudar. 

Selain itu ketika mencuci menggunakan shampo atau sabun, bahan tersebut akan cepat mengering dan terserap pada cat mobil. Hal tersebut disebabkan oleh sinar panas matahari.

Oleh karena itu, solusi terbaik yang bisa kalian lakukan adalah mencuci mobil di tempat yang teduh. Apalagi jika sanitasi dalam garasi kalian bagus, bisa langsung mencucinya di dalam garasi. Kecuali mencucinya hanya dengan air saja, kalian boleh membawa mobil keluar.
 

4. Menggunakan teknik mencuci mobil yang baik dan benar

Sampo yang terlalu lama dibiarkan pada body mobil, akan cepat mengering sehingga menimbulkan efek tidak baik bagi warna putih mobil kalian. Teknik mencuci mobil putih yang benar adalah dengan membilas bagian yang sudah terkena shampo, sesaat sebelum berpindah pada bagian mobil yang lain.
 

5. Menggunakan sampo atau sabun khusus mobil putih

Untuk mencuci mobil warna putih, jangan menggunakan sabun ataupun sampo yang tidak direkomendasikan untuk mencuci mobil.

Gunakan sampo atau sabun perawatan mobil putih. Menggunakan sabun yang tidak sesuai dengan fungsinya dapat merusak cat mobil.

Dengan menggunakan sampo atau sabun khusus mobil, cat putih dari mobil kalian akan lebih awet lagi, sekaligus juga terjaga kebersihannya. Sampo khusus mobil sangat mudah kalian dapatkan di toko otomotif. Dengan menggunakan ini, warna akan lebih tahan lama dan tidak berubah.
 

6. Teknik membilas harus benar

Untuk membilas sabun atau shampoo ada cara yang harus kalian ikuti yaitu dengan membilas secara satu arah.

Kemudian, permukaan body mobil dibilas secara berkala dengan arah dari atas ke bawah. Cara ini dilakukan agar tidak ada kotoran yang menyangkut.

Tujuan lainnya adalah untuk menghindari bercak-bercak bekas sabun mengering dan menimbulkan noda.

Cara ini juga menghindarkan adanya kotoran yang masih tertinggal di bagian celah mobil dan membuat mobil Anda tidak bersih sempurna.
 

7. Menggunakan kain lap yang lembut

Setelah membilasnya jangan lupa untuk mengelap bagian yang masih basah dengan kain lap yang lembut dan daya serap tinggi. Nah disinilah perbedaan dari pengeringan menggunakan lap dengan menggunakan sinar matahari. Penggunaan kain tidak akan meninggalkan bercak pada bodi mobil.

Selain itu, juga dapat menghindarkan mobil kalian agar tidak menguning. Bercak yang mengering ketika dilakukan pengeringan menggunakan sinar matahari hanya akan merusak cat mobil.
 

8. Melakukan pemolesan

Pemolesan dilakukan untuk mempertahankan warna putih mobil kalian agar tetap berkilau. Pemolesan juga digunakan untuk menghilangkan jamur yang menempel pada body mobil.

Namun, pemolesan lebih baik dilakukan di bengkel resmi terdekat sehingga hasilnya sempurna dan tidak merusak body mobil.

Biaya pemolesan biasanya berkisar pada harga R3 juta. Dengan uang tersebut Anda sudah mendapatkan mobil kalian dengan dilapisi lapisan nano ceramic yang dapat membuat warna body mobil awet sampai dengan dua tahun.

Jika mempunyai waktu luang kalian bisa melakukannya sendiri. Pertama, kalian harus menggosok seluruh body mobil menggunakan super kompon untuk menghilangkan baret pada body mobil.

Kemudian, cuci bersih mobil menggunakan sabun dan air seperti  biasa untuk menghilangkan bekas minyak. 

Langkah selanjutnya adalah dengan menempelkan cairan Ceramic Premium Carnauba yang dapat mengkilapkan body mobil.  Gosokkan secara merata menggunakan kain halus. Penggunaan kain halus bertujuan untuk menghindarkan baret pada body mobil.
 

9. Melakukan perawatan menghilangkan yellowing

Perawatan ini bisa dilakukan di salon mobil. Sebenarnya kegiatan ini hampir sama dengan pemolesan, tetapi dengan treatment menghilangkan yellowing ini, mobil Anda bisa disulap menjadi kinclong kembali. Perawatan sendiri biasanya mencakup eksterior, interior, mesin, sampai kaca. Harga perawatan ini rata-rata berkisar pada Rp4 juta sampai dengan Rp7 juta, tergantung ukuran mobilnya. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

K-popers, Simak 3 Kiat Agar Tetap Asyik Ikut Konser Online

BERIKUTNYA

Pace Kreatif, Mempromosikan Kreativitas dan Pesona Bumi Cendrawasih Melalui Lensa Kamera

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: