Poster serial dokumenter SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada. (Dok. Visinema/JOOX)

SVARA, Serial Dokumenter yang Eksplor Makna di Balik Musik & Budaya

28 October 2021   |   10:00 WIB

Genhype suka dengan serial dokumenter yang berfokus pada eksplorasi musik dan budaya? SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada bisa menjadi salah satu serial dokumenter yang patut ditonton karena kisahnya yang mengeksplor tentang musik di berbagai komunitas dan masyarakat lokal di berbagai daerah.

Dipandu oleh trio produser musik Laleimanino (Anindyo Baskoro atau Nino RAN, Arya Aditya Ramadhya atau Lale Maliq & D'Essentials, dan Ilman Ibrahim) bersama dengan sejumlah musisi seperti Baila Fauri, Rizky Febrian, HIVI!, dan Diskoria, dokumenter ini menyorot perjalanan manusia dalam peneguhan identitas dan membuka makna dari hubungan manusia dengan dunia sekitarnya melalui musik.

Hadir dengan lima episode, serial ini akan memulai perjalannya dengan kilas balik dari capaian yang didapat oleh Laleilmanino selama 7 tahun berkarya. Di sinilah mereka mulai bertanya-tanya tentang proses selanjutnya dalam berkarya dan merefleksikannya.

Selanjutnya, serial dokumenter ini akan berjalan-jalan di beberapa kota seperti Bali. Bersama dengan Baila Fauri, mereka akan mengeksplor tentang kesenian musik Bali dengan gamelan dan Magenjekan khas Bali. Lalu ada juga eksplorasi ke Jogjakarta bersama HIVI! dengan keberagaman musik tradisional dan kontemporernya.

Selanjutnya, Laleilmanino bersama Rizky Febrian berpetualang ke Cirebon dan melihat kesenian Tari Topeng, Gamelan Sekaten, dan Kecapi yang khas. Terakhir, mereka dan Diskoria Selekta kembali ke Jakarta untuk melihat budaya musik yang merepresentasikan Jakarta serta bercerita tentang perjalanan mereka di episode-episode sebelumnya.

Menariknya, semua serial dokumenter ini juga menghasilkan lagu orisinal yang terinspirasi dari hal-hal yang mereka temui dalam setiap episodenya. Beberapa judulnya adalah Kita Bukan Mereka, 100 (Satu Kosong Kosong), Lukisan Kaca, dan Jakarta.

Serial dokumenter ini merupakan kolaborasi antara Laleilmanino, Visinema, Swara Gembira, dan berbagai komunitas kesenian lain sebagai bentuk eksplorasi dan pendalaman terhadap musik dengan harapan bisa memunculkan berbagai perspektif baru.

"Melalui dokumenter ini pun, kita semua dapat melihat bagaimana para komunitas berkarya sesuai kata hati mereka serta keindahan musik dan budaya Indonesia," ujar sutradara Sonny Laksamana.

Tidak hanya mendapatkan perspektif baru dalam segi musik, serial dokumenter ini juga diharapkan bisa memperlihatkan kekayaan budaya dalam kemasan karya yang modern serta membuat masyarakat semakin bangga dengan tradisi Indonesia.

Serial dokumenter SVARA: Perjalanan Bermakna di Balik Nada akan tayang perdana mulai 5 November 2021 di platform JOOX, sedangkan lagu-lagu di dalan dokumenter ini akan mulai tayang pada 8 November 2021 dengan perilisan bertahap di JOOX.



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

5 Tips Menjaga Lapisan Pelindung Kulit

BERIKUTNYA

4 Rekomendasi Tayangan yang Akan Hadir di Disney+ Hotstar Akhir tahun 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: