Ilustrasi garasi mobil (dok: Unsplash/Erick Mclean)

Tips Mendesain Garasi Mobil agar Rumah Lebih Nyaman

26 October 2021   |   09:04 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Setiap pemilik rumah yang sudah memiliki mobil wajib mempunyai garasi sendiri. Bahkan, di Jakarta ketentuan ini diatur dalam Peraturan Daerah No. 5/2014 tentang Transportasi di DKI Jakarta dan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Nah buat kalian yang baru mau mendesain garasi, sebaiknya buat perencanaan desain dengan matang dengan memerhatikan kapasitas, ventilasi udara dan estetikanya.

Pertama, sebenarnya berapa ukuran ideal garasi mobil? Tentu saja, yang paling penting adalah garasi tersebut mempunyai ruang yang cukup untuk manuver mobil dalam proses parkir dan keluar garasi.

Alangkah lebih baik juga jika garasi bisa dipakai untuk penyimpanan barang, seperti suku cadang cadangan atau perlengkapan kendaraan lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, garasi harus memiliki ruang yang cukup untuk manuver mobil. Hal pertama yang kalian harus ketahui tentu saja adalah ukuran dan dimensi mobil sendiri sebelum menentukan ukuran garasi di rumah. 

Apalagi jika memang ruang yang tersisa untuk garasi tidak terlalu besar. Contohnya seperti ukuran garasi layak bagi jenis mobil Toyota New Avanza dan Toyota New Kijang Innova.

Sebagai informasi, Toyota New Avanza adalah mobil ukuran panjang 4,1 meter, lebar 1,6 meter dan tinggi 1,6 meter. Jadi, Anda bisa membuat garasi dengan minimal panjang 4,5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2,75 meter.

Tentunya garasi mobil untuk ukuran Toyota New Innova pasti lebih besar lagi, yaitu minimal panjang 5 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 2,75 meter. Karena dimensi mobil Innova pun lebih besar, yaitu panjang 4,7 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,8 meter.

Sebenarnya ada rumus tersendiri untuk ukuran ideal garasi mobil. Untuk panjang garasi, tambahkan 100 cm - 120 cm. Lebar garasi tambahkan 100 cm. Sedangkan untuk tinggi tambahkan 100 cm. Kira-kira ukuran garasi bisa sekitar 3 x 6 m.

Seluruh perkiraan angka di atas berada di batas minimum. Jangan sampai malah membuat ukuran lebih kecil lagi karena membuat mobil yang diparkir akan lebih sulit bermanuver dalam proses keluar rumah. 

Kemudiam yang tak kalah penting adalah perhatikan juga jarak pintu mobil dengan dinding agar penumpang bisa membuka pintu dengan leluasa.

Ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan dalam membuat garasi mobil di rumah.

Kalian harus memperhatikan ventilasi udara jika memang dibuat di ruangan tertutup. Lalu pilih model pintu garasi yang mudah dibuka tutup dan wajib memilih keramik yang tepat.

Keramik yang Anda pakai untuk garasi sebaiknya bertekstur kasar dengan ukuran standar seperti 30x30 cm, 40x40 cm, atau 50x50 cm. Selain itu, keramik harus memiliki tingkat ketebalan yang cukup tinggi agar tidak mudah retak atau pecah.

Editor Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Puluhan Tahun Nyaris Tak Berubah, Begini Nasib Taman Hiburan Pelat Merah

BERIKUTNYA

Bisa Bikin Celaka, Ini 4 Penyebab Mobil Limbung saat Dikendarai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: