Ilustrasi keramik (dok:Unsplash/Possessed Photography)

Enggak Boleh Sembarangan, Ini Tips Memilih Keramik Garasi Mobil

19 October 2021   |   14:27 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Jika memiliki mobil, maka kita harus mempunyai garasi di rumah. Garasi ini pun sebaiknya dirancang sesuai dengan kebutuhannya. Untuk itu, ada berbagai bagian dalam garasi yang wajib diperhatikan, salah satunya adalah keramik yang tepat.

Memilih keramik yang dipakai di garasi mobil tidak boleh sembarangan. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki oleh lantai garasi. Agar tak salah, berikut tips yang bisa dicoba!
 

1. Memilih keramik yang tebal 

Tips pertama dalam memilih keramik garasi mobil adalah memiliki ketebalan yang cukup supaya mampu menahan beban mobil. Semakin tebal keramik, semakin kuat keramik.

Namun, tak hanya ketebalan, kualitas keramik juga perlu diperhatikan. Inilah mengapa Anda disarankan untuk memilih keramik dengan kualitas yang sudah tepercaya. Yang pasti, jangan sampai memilih keramik yang mudah pecah.
 

2. Memiliki tekstur kasar

Selain harus memiliki ketebalan yang cukup, tekstur keramik juga sebaiknya kasar. Alasan utamanya adalah agar ban mobil tidak tergelincir ketika sedang dalam proses parkir dalam garasi.

Tidak dapat dimungkiri, ketika musim hujan tiba, maka ban mobil pasti basah setelah digunakan. Saat masuk ke dalam garasi untuk diparkir namun keramik yang kalian pilih malah tipe yang licin, sudah pasti ban akan tergelincir dengan mudah.

Proses parkir mobil menjadi lebih sulit lagi. Apalagi jika sudut garasi cukup tinggi naik ke atas. Inilah yang akhirnya membuat mobil mudah tergelincir.
 

3. Pilih ukuran yang pas

Pemilihan ukuran keramik garasi mobil juga harus pas. Biasanya garasi mobil memiliki ukuran lebar 2-3 meter. Untuk panjangnya sendiri mencapai 5 meter. Dengan begitu, saran ukuran yang pas untuk keramik garasi mobil adalah 30x30 cm, 40x40 cm, atau 50x50 cm. 

Dengan ukuran tersebut, sebenarnya sudah sangat cukup dalam menopang beban mobil saat bergerak di atas keramik garasi. Dari segi ketebalan juga ukuran itu sudah cukup baik. Jika kalian menggunakan ukuran keramik yang terlalu lebar, malah lebih gampang retak atau pecah.
 

4. Pilih warna gelap

Cukup banyak warna keramik untuk garasi mobil yang tersedia di pasaran saat ini. Selain itu ada juga berbagai motif. Namun jika harus memilih warna yang paling tepat, maka sebaiknya memilih keramik bernuansa gelap. 

Warna gelap untuk keramik garasi mobil bisa menutupi kotoran dan noda yang mudah muncul dari bagian ban serta lainnya. Jadi, kebersihan garasi mobil lebih tetap terjaga.

Namun, jangan sampai karena memakai keramik berwarna gelap, kalian malah jarang membersihkan garasi. Lakukan pembersihan secara berkala agar garasi tetap nyaman digunakan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Perempuan Lebih Berisiko Terkena Osteoporosis Ketimbang Pria

BERIKUTNYA

Jangan Asal Murah, Kenali Tiga Kode Ini saat Memilih Oli Mesin Kendaraan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: