My Chemical Romance rayakan 15 tahun sejak lagu Welcome to the Black Parade dirilis. (Dok. Official YouTube)

Welcome to the Black Parade, Lagu My Chemical Romance yang Jadi Anthem Emo Dunia

25 October 2021   |   18:22 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Album The Black Parade dari My Chemical Romance dirilis pada Oktober 2006 berisikan lagu epik berdurasi lima menit, Welcome to the Black Parade. Lewat lagu tersebut, Gerard Way dkk. berhasil memantik api di hati para remaja emo 15 tahun silam. Album ketiga mereka itu dianggap sebagai salah satu karya mereka yang paling berhasil. 

Lagu utama dari album ini bukan hanya memberikan tontonan aural, tetapi juga visual, dengan video yang menggambarkan seorang pasien yang dibawa oleh kematian dalam bentuk parade. Sulit membayangkan album ini tanpa lagu Welcome to the Black Parade.

Genhype tahu, enggak? Lagu ini ternyata hampir gagal rilis dan awalnya memiliki judul berbeda.
 

Welcome To The Black Parade dirilis pada 12 September 2006, dengan lagu versi studio tersedia di laman Myspace My Chemical Romance pada 2 September.

Videonya, yang disutradarai oleh Samuel Bayer, dianggap sebagai salah satu video rock paling berkesan dalam dekade ini, ditambah pada tahun 2017 dijuluki sebagai Video Musik Terbaik Abad Ini dari MTV.

Berbicara di The Travis Mills Show, vokalis Gerard Way mengungkapkan awalnya lagu itu berjudul The Five of Us Are Dying.

"Kami memainkannya dan kami sangat menyukainya, dan saya merasa bahwa kami membutuhkan lagu ini, sebagai karya yang memperkenalkan konsep kami, dan lirik serta tema lagu itu mewujudkan tema rekaman itu," ujarnya seperti dilansir Dazed.

(Baca juga: Rekomendasi 10 Lagu Mitski yang Menarik & Penuh Emosi)

Namun, mereka tidak selalu merasa seperti ini. Sebelum band itu mengerjakan ulang lagu klasik mereka, keempatnya tidak menginginkan lagu ini disertakan pada album karena dirasa tidak memiliki cerita atau nilai yang kuat seperti lagu-lagu mereka terdahulu.

Bersama dengan band master dan produser yang mendorong lagu ini untuk dirilis, My Chemical Romance akhirnya mengerjakan ulang lagu dan mengaplikasikan tema album ke dalam lagu yang mengubah pikiran mereka.

Kini kita berada di 15 tahun kemudian dan sulit membayangkan The Black Parade tanpa single andalannya. Lagu yang dulunya merupakan lagu yang hampir dibuang kini telah menjadi salah satu karya My Chemical Romance paling terkenal hingga saat ini.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Situs Resmi Badan Siber dan Sandi Negara Jadi Korban Peretasan, Kok Bisa?

BERIKUTNYA

EPIK HIGH Hadirkan Visual Penuh Wajah dalam Video Klip FACE ID

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: