Mitski, Working for the Knife. (Dok. Official YouTube)

Rekomendasi 10 Lagu Mitski yang Menarik & Penuh Emosi

06 October 2021   |   16:05 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Penyanyi dan penulis lagu Mitski seakan punya kekuatan untuk menyatukan emosi pendengar dengan lagu-lagunya yang berkarakter dan sangat relevan dengan perasaan banyak orang. Saking emosionalnya, Mitski pernah berceletuk pada konferensi pers peluncuran album Be the Cowboy tahun 2018 silam bahwa dia hanya tinggal menunggu orang-orang untuk membencinya.

Mitski mengeksplorasi berbagai genre di setiap albumnya—baik itu piano jazz di album Lush (2012), drama teatrikal di album Retired From Sad, New Career In Business (2013), fuzz lo-fi di album Bury Me At Makeout Creek (2014), atau rock indie breakout di album Pubertas 2 (2016).

(Baca juga: Mitski Umumkan Agenda Tur 2022 dan Lagu Baru Working for the Knife)

Dengan single terbaru yang dirilis Selasa (5/10), Working for the Knife, dia menunjukkan emosi yang lebih mentah meskipun jauh lebih sederhana dari lagu-lagu sebelumnya.

Untuk Genhype yang baru kali ini mendengar nama Mitski, tidak ada salahnya untuk menyimak lagu-lagunya yang punya cukup relevansi dengan kehidupan kita sekarang.

Dari sekian banyak lagu-lagu terbaiknya, berikut ini sepuluh lagu Mitski yang paling emosional:


1. Townie

Lagu ini menceritakan tentang penggunaan citra dan deskripsi pemandangan alam muda yang liar. Lagu ini garang, membangkitkan kebebasan, rasa keberdayaan, dan jadi sebuah bentuk pemberontakkan terhadap banyak norma sosial yang ditargetkan pada perempuan.
 

2. Brand New City

Lagu ini adalah salah satu lagu lama Mitski, dirilis pada 2012, tetapi sejauh ini merupakan salah satu lagunya yang masih relevan. Lagu ini memiliki tempo upbeat dan keras. Sementara itu, liriknya sangat kontras dengan kecepatan lagu. Pengulangan kata yang cepat efektif menciptakan rasa urgensi untuk menemukan jawaban dalam hidup.
 

3. Francis Forever

Lagu ini berbicara tentang perjuangan untuk didengar/dilihat dan tidak didengar/dilihat. Lagu ini dapat ditafsirkan untuk cara atau situasi apa pun. Lagu ini dimulai dengan ketukan yang cukup cepat yang turun sesekali.
 

4. Come into the Water

Come into the Water adalah lagu pendek yang hanya berdurasi 1 menit dan 32 detik, namun sangat mengharukan dan memberikan dampak yang membekas. Lagu ini menunjukkan perasaan terjebak dalam batasan kita sendiri dengan orang lain. Lagu ini dapat diartikan dalam banyak cara, dan ini adalah lagu dengan tempo lamban yang bagus.
 

5. First Love/Late Spring

Lagu ini sangat indah. Tidak hanya akustiknya yang luar biasa dan membantu memprovokasi, tetapi Mitski bernyanyi dalam bahasa Jepang di beberapa bagian lagu. Dia melantukan "Mune ga hachikire-sde" yang diterjemahkan menjadi "Dadaku (atau jantung) akan meledak." Ketukan lambat dari lagu ini sangat cocok dengan kata-katanya yang puitis.
 

6. Pink in the Night

Ada perasaan kesepian yang datang seketika saat mendengarkan lagu ini. Lagunya dimulai dengan tempo lambat namun meningkat seiring melodinya bergulir, mempengaruhi emosi kita yang mendengarkan.

Lagu ini punya banyak aspek keindahan, khususnya lewat lirik yang diucapkan berulang. Mitski menyanyikan "I love you," "I can stare at your back all day," dan "Can I try again?" beberapa kali. Repetisi ini efektif dalam membuktikan betapa dia mencintai siapa pun yang dia bicarakan dan tentunya relevan untuk pendengar.
 

7. I Bet on Losing Dogs

Lagu ini dimulai dengan ritme drum yang optimistis, tetapi kemudian meredam. Ada rasa rindu yang dia ingin sampaikan lewat lagu bertempo intens dan konstan ini. Akustik dari lagu ini juga mampu merangkul emosi tinggi yang akan dirasakan siapa pun yang mendengarkannya.
 

8. Last Words of a Shooting Star

Segala sesuatu tentang lagu ini sangat tegang dan tenang pada saat bersamaan. Ini karena cerita yang disampaikan dan sedikit suara statis yang konstan sepanjang lagu.

Gitar dalam lagu ini memainkan melodi yang sama berulang-ulang hingga secara akustik diikuti dengan lirik "I have always wanted to die clean and pretty." Meski terdengar mengganggu, lagu ini hampir terdengar seperti lagu pengantar tidur.
 

9. Carry Me Out

Lagu ini dimulai dengan lambat, mengatur suasana hati untuk cerita yang akan kita dengar. Carry Me Out menyimpan banyak citra dan deskripsi tentang di mana dia berada dan apa yang dia lakukan.

Mendengarkan lagu ini hanya meningkatkan emosi intens yang seharusnya kita rasakan. Sebagai lagu yang emosional, Carry Me Out memiliki energi yang luar biasa dari awal hingga akhir.
 

10. I Will

Lagu ini akan membuat kita merasa nyaman bahwa kita akan dicintai meskipun ada rasa tidak percaya diri — tetapi dengan cara yang sangat melankolis. Kata-kata yang kita dengar dalam lagu ini adalah semua hal yang kita ingin dengar dari orang yang kita cintai.

Mitski menyanyikan "I will see your body bear and still I will live here," karena itu menunjukkan tingkat penerimaan tubuh dan cinta untuk orang lain. Dia juga terus mengulang kalimat "I will," sebagai bentuk afirmasi tentang perasaannya.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Lagu Savage aespa Raih Posisi Pertama di 6 Tangga Lagu Domestik & Global

BERIKUTNYA

Eunha, SinB, dan Umji Gabung Agensi yang Menaungi Soyou Eks SISTAR

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: