Timothée Chalamet berperan sebagai Paul Atreides di film Dune (Dok. Warner Bros)

Dune Meraup Pendapatan US$40,1 Juta di Box Office Amerika Utara

25 October 2021   |   13:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Film adaptasi dari novel fiksi ilmiah terkenal Frank Herbert, Dune, dilaporkan berhasil meraup pendapatan sebesar US$40,1 juta di box office Amerika Utara. Pencapaian itu cukup diapresiasi mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung ditambah Dune merupakan debut teatrikal film dari Warner Bros yang tidak konvensional.

Dune sendiri ditayangkan secara hybrid, di mana selain diputar di 4.125 bioskop domestik, film itu juga ditayangkan secara bersamaan di platform HBO Max. Hal itu sebelumnya sempat menjadi perdebatan karena dianggap bisa mengurangi penjualan tiket secara keseluruhan, tetapi tampaknya anggapan itu salah dengan pendapatan Dune yang cukup besar.

Sejak Warner Bros memutuskan untuk menayangkan film secara hybrid, Dune juga dilaporkan menjadi film yang meraup pendapatan terbesar dalam tiga hari penayangannya di bioskop. Pencapaian itu mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang film Godzilla vs. Kong pada April 2021 dengan pendapatan sebesar US$ 31 juta.

Seorang analis media di Comscore yang bertugas melacak data box office, Paul Dergarabedian, mengatakan pencapaian film Dune menunjukkan bahwa para penonton bioskop bersemangat untuk mendukung kembalinya pengalaman menonton film layar lebar.

“Saya juga berpikir ini membuktikan bahwa pengalaman bioskop dapat bertahan menghadapi tantangan apapun, apakah tantangan itu pandemi atau yang lainnya,” katanya seperti dikutip dari Deadline, Senin (25/10).

(Baca juga: Mau Nonton Dune tapi Belum Paham Konsepnya? Simak Dulu Panduan Ini)

Sementara itu, di box office internasional, Dune juga berhasil meraup pendapatan sebesar US$ 47,4 juta termasuk US$ 21 juta di China, sehingga film ini tercatat telah meraup US$ 220 juta secara global hingga saat ini.

Pencapaian yang diperoleh ini juga patut mendapatkan apresiasi karena sebelum pandemi memberikan dampak besar terhadap bioskop pun, petualangan fiksi ilmiah yang cukup sulit dicerna semacam itu telah berjuang di box office Amerika Utara. Tak terkecuali Dune, cerita yang terkenal sulit untuk sukses diadaptasi menjadi sebuah film.

Adapun, pihak Warner Bros sendiri belum secara resmi mengumumkan terkait sekuel film Dune. Meskipun begitu, dalam sebuah wawancara dengan media Deadline, CEO Warner Bros Ann Sarnoff mengatakan bahwa rencana sekuel film sangat mungkin terjadi.

“Apakah kita akan membuat sekuel Dune? Jika kamu menonton filmnya, kamu akan melihat bagaimana itu berakhir. Saya pikir kamu cukup tahu jawabannya,” ujarnya.
 


Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Giselle aespa Minta Maaf karena Nyanyikan Istilah Rasis dalam Lagu SZA

BERIKUTNYA

Google Blokir 1,6 Juta Email Phishing Pencurian Akun & Promosi Kripto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: