Ilustrasi (Skylar Kang: Pexels)

Yuk Kelola Gaji Biar Enggak Cepat Habis

24 October 2021   |   18:36 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Pandemi Covid-19 telah membawa kita pada situasi yang penuh dengan ketidakpastian. Kondisi ini pun menuntut kita untuk lebih jeli dalam mengelola keuangan. Dengan kondisi yang tidak menentu ini, maka mengelola penghasilan dengan bijak sangat penting.

Setidaknya, setiap bulan ada dana yang bisa Genhype alokasikan untuk kebutuhan mendadak, terutama di tengah situasi tidak pasti seperti saat pandemi ini. Nah, untuk itu ada beberapa tips mudah mengelola penghasilan dengan bijak di masa pandemi. Apa saja itu?
 

1. Catat Semua Pengeluaran

Rutin mencatat pengeluaran akan membantu memonitor keluar masuk dana. Hal ini membantu kita mengevaluasi dan mengeliminasi pengeluaran yang tidak perlu ke depannya.  

2. Atur Prioritas Kebutuhan

Mengatur keuangan bulanan penting dilakukan agar gaji yang dimiliki bisa dialokasi dengan baik. Terutama di tengah pandemi, atur prioritas pengeluaran berdasarkan kebutuhan, bukan keinginan.
 

3. Manfaatkan Promo

Jeli memanfaatkan promo akan membuat belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih efisien. Ada beragam promo yang bisa kita manfaatkan, baik itu di berbagai platform dagang-el maupun toko-toko fisik. 
 

4. Pisahkan Rekening Tabungan

Menabunglah di awal ketika baru saja menerima gaji dan pisahkan rekening tabungan dengan rekening pengeluaran sehari-hari. Hal ini akan membuat pengelolaan keuangan lebih efektif.
 

5. Jangan Lupa Investasi

Financial Consultant, Prita Hapsari Ghozie menyarankan saat mulai berinvestasi, masyarakat perlu mempelajari serta memilih jenis investasi sesuai dengan risiko dan keuntungan masing-masing.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mitos dan Fakta Seputar Imunisasi Anak

BERIKUTNYA

Ingin Menjadi Pebisnis Sukses, Pahami Dahulu 6 Hal Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: