Perusahaan induk TikTok, ByteDance. (Dok. ByteDance)

Mundur sebagai CEO ByteDance, Ini Kata Zhang Yiming

20 May 2021   |   00:00 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id


ByteDance, yang terkenal dengan aplikasi video pendek dan pengumpul berita (news aggregator) Toutiao, berhasil meningkatkan pendapatan lebih dari dua kali lipat pada tahun lalu, setelah lini usaha itu berkembang melampaui bisnis inti di bidang periklanan ke berbagai bidang seperti e-commerce dan game online.

Lahir di kota Longyan, China selatan, Zhang belajar pemrograman di Universitas Nankai Tianjin, tempat dia membangun followers di forum online sekolah dengan memperbaiki komputer teman sekelas. 

Dia bergabung dengan Microsoft Corp. untuk waktu singkat setelah lulus, kemudian menyebut pekerjaan itu sangat membosankan sehingga dia sering bekerja setengah hari dan membaca buku di setengah hari lainnya, sebutnya dalam suatu sesi wawancara dengan media China. 

Terobosannya muncul pada 2012, ketika dia menciptakan hit pertama ByteDance - aplikasi berbagi lelucon yang kemudian ditutup karena sensor.

Zhang kemudian beralih ke agregasi berita sebelum mengumpulkan lebih dari 1 miliar pengguna global dengan platform video pendek TikTok dan Douyin.


Editor: Roni Yunianto
 
1
2


SEBELUMNYA

Terinspirasi Patung Kuno, Pematung Jam Sutton Merilis NFT Versi Augmented Reality

BERIKUTNYA

7 Manfaat Spirulina, Salah Satunya Bikin Awet Muda Lho

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: