Douyin, versi China TikTok yang juga dikembangkan oleh ByteDance. (Dok. tangkapan layar Douyin)

TikTok versi China Batasi Waktu Penggunaan untuk Anak di Bawah Umur

20 September 2021   |   17:53 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pengguna Douyin, TikTok versi China, untuk anak di bawah 14 tahun kini dibatasi waktu penggunaannya hanya 40 menit setiap hari untuk mengakses platform tersebut. Hal itu merupakan langkah terbaru Beijing untuk mengekang kecanduan online bagi pengguna Douyin di bawah umur.

Pembatasan tersebut diluncurkan dengan fitur Youth Mode yang secara otomatis mengurutkan semua pengguna terdaftar di bawah 14 tahun ke dalam kategori pengguna yang berbeda, menurut The Wall Street Journal.

Kategori pengguna ini tidak hanya memiliki waktu terbatas di aplikasi tetapi juga memiliki akses terbatas untuk masuk ke aplikasi mulai pukul 22:00 sampai 18:00 sehari-hari.

"Jika Anda adalah pengguna berusia di bawah 14 tahun, Anda akan menemukan bahwa Anda sudah dalam 'Youth Mode' ketika Anda membuka aplikasi," tulis Douyin dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (18/9).

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi ByteDance itu juga menyampaikan bahwa pihaknya akan mendorong konten yang memperkaya pengetahuan umum dan materi pendidikan kepada pengguna yang masuk dalam Youth Mode.

Douyin memiliki sekitar 600 juta pengguna aktif harian pada kuartal pertama tahun ini dan secara bertahap meluncurkan pembatasan untuk pengguna yang lebih muda. 

Pada bulan Juni, versi awal dari Youth Mode menerapkan perlindungan bagi pengguna berusia 14 dan 18 tahun dengan membatasi konten yang dapat mereka lihat melalui fungsi pencarian, menurut organisasi media terkait China, Global Times.

Peningkatan fitur ini oleh Douyin mengikuti serangkaian tindakan intens yang diberlakukan oleh pemerintah China untuk membatasi berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak di dunia maya.

Seperti dilansir Insider, pada bulan Agustus, para gamer di China yang berusia di bawah 18 tahun mengalami pengurangan waktu bermain menjadi tiga jam sepekan.

Pengguna di bawah umur hanya bisa bermain game pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu dari pukul 20:00 hingga 21:00.

Regulasi ini diberlakukan oleh perusahaan game besar seperti Tencent, setelah publikasi yang terafiliasi dengan Beijing menyebut game sebagai candu.

China secara bersamaan menindak apa yang disebutnya budaya selebriti yang tidak sehat. Bulan ini, empat belas platform konten China — termasuk Douyin dan Weibo — menandatangani Konvensi Disiplin Diri.

Di bawah perjanjian ini, platform akan secara ketat mengatur perilaku penggemar dan menekan gosip selebriti jahat, untuk menegakkan disiplin diri di dunia maya China.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Setelah LALISA, Lisa BLACKPINK Siapkan Kejutan dalam Video Klip Lagu Money

BERIKUTNYA

Pengiriman iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max Bakal Molor

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: