TikTok Music (Sumber gambar: Newsroom TikTok)

TikTok Music Resmi Gantikan Resso, Berhenti Beroperasi 5 September 2023

07 July 2023   |   15:56 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Perusahaan yang menaungi TikTok, ByteDance resmi meluncurkan TikTok Music yang bisa dinikmati pengguna di Indonesia. Adapun TikTok Music ini menjadi aplikasi layanan streaming milik TikTok yang akan menggantikan aplikasi lagu milik ByteDance lainnya, Resso.

Sebagaimana diketahui, Resso akan segera mengentikan kegiatan operasionalnya di Indonesia per 5 September 2023 mendatang. Tak lebih dari dua bulan lagi, Resso sudah tak bisa diakses pengguna Indonesia sehingga ByteDance menawarkan TikTok Music sebagai peggantinya. Nantinya, pengguna Resso bisa langsung memindahkan akunnya ke TikTok Music dengan satu kali klik dari laman Resso.

Baca juga: 6 Fitur Menarik Threads, Media Sosial Terbaru Milik Mark Zuckerberg

Dengan total 125 juta pengguna TikTok di Indonesia, TikTok Music diharapkan mampu membuat layanan aplikasi yang terintegrasi. TikTok Music hadir sebagai layanan musik berlangganan premium, di mana penggunanya bisa menemukan musik dan membantu pengguna mencari lagu viral yang sedang trending di TikTok. Penggunanya bisa mendengar, mengunduh, dan membagikan lagu secara lengkap kepada followers-nya.

Menariknya, ByteDance juga memperhatikan integrasi aplikasi yang membuat pengguna bisa beralih dari aplikasi TikTok ke TikTok Music dengan cepat dan mudah. TikTok Music memiliki fitur sinkronisasi akun TikTok dan TikTok Music sehingga pengguna tak perlu susah saat ingin mendengarkan musik di TikTok.

Salah satu fitur unik lainnya adalah pengguna bisa mendengarkan lagu versi lengkap dari potongan lagu yang sedang trending di TikTok. Selain tu, ada pula fitur interaksi dalam bentuk komentar yang bisa membuat pendengar saling bercakap. Pengguna yang memiliki lagu di dalam perangkat juga bisa mengimpor daftar lagu eksternal langsung dan memainkannya lewat TikTok Music.

Lewat aplikasi baru ini, ByteDance juga bertujuan mengangkat kreativitas musisi dengan mendorong platform streaming musik.

“Kami sangat bersemangat untuk melihat berbagai peluang yang dihadirkan TikTok Musik bagi penggemar musik dan musisi, serta potensinya yang besar untuk mendorong nilai yang signifikan di industri musik," ungkap Ole Obermann selaku Global Head of Music Business Development TikTok.

TikTok Music juga ingin memecahkan masalah kesulitan pengguna mencari judul lagu saat hanya mengetahui potongan lirik saja. Fitur temukan lirik bisa memuat judul, musisi, dan lagu versi penuh hanya dengan mengetik potongan lirik.

Sebagai tambahan, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penangkap lagu secara real-time lewat rekaman suara, mirip seperti Shazam. Fitur itu dinamai Song Catch. Pengguna bisa menemukan musisi favorit dari ribuan label artis yang terhubung ke TikTok.

Sisanya, TikTok Music menghadirkan fitur yang sama dengan platform streaming musik lainnya. Misalnya, personalisasi lagu, lirik lagu, cerita di balik pembuatan lagu, daftar lagu kolaboratif, dan lainnya. Perlu diketahui, TikTok Music ini dapat dinikmati tanpa gangguan dan bebas iklan, serta dapat diunduh secara offline.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Pameran Walking Through a Songline Ajak Pengunjung Menyelami Kisah Penduduk Asli Australia

BERIKUTNYA

Pameran Walking Through a Songline di Museum Kesejarahan Jakarta: Menyelami Kebudayaan Negeri Kanguru

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: