Ilustrasi transmisi otomatis pada mobil (dok: Unsplash/Stefan Katrandjiski)

7 Penyebab Mobil Matic Menyentak & Cara Mengatasinya

22 October 2021   |   13:02 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

4. Brake dan clutch sudah aus 

Sempat disinggung di atas bahwa dalam sistem transmisi terdapat brake dan clutch yang dikontrol oleh AT Solenoid. Kedua komponen ini terbuat dari susunan plat kopling basah. Brake akan bergerak demi mendapatkan perbandingan gigi yang diperlukan kendaraan. 

Sedangkan clutch akan menghubungkan antara torque sehingga dapat memindahkan momen mesin ke intermediate shaft. Begitu juga untuk memutuskan hubungan torque converter supaya menghentikan perpindahan momen mesin. 

Kedua komponen ini bekerja dengan cara saling bergesekan, sehingga keausan adalah hal yang wajar. Pada saat brake dan clutch ini sudah aus maka kinerjanya tentu semakin terganggu. 

Karena tidak bisa bekerja dengan baik, maka mobil akan menyentak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti yang baru sehingga sistem transmisi bekerja dengan baik kembali. 
 

5. Komponen elektrik yang mengalami masalah

Permasalahan elektrik pada sebuah mobil tidak hanya selalu berhubungan dengan starter atau lampu saja. Tetapi juga bisa mempengaruhi masalah pada transmisi. Pada saat komponen elektrik ini mengalami masalah, mobil bisa menyentak. 

Penyebab mobil matic nyentak ini dikarenakan TCM memanfaatkan sistem kontrol elektrik. Hubungannya sangat besar terhadap komponen transmisi, sensor, dan aktuator.

Pada saat sistem elektrik mengalami masalah, maka TCM tidak dapat mengatur sistem kerja AT, clutch, dan juga brake. 

Oleh karena itulah muncul efek menyentak pada mobil. Cara mengatasinya adalah menelusuri bagian dari sistem elektrik mana yang bermasalah kemudian memperbaikinya. Biasanya perlu waktu lama untuk mengatasi hal ini, jadi sebaiknya lakukan di bengkel resmi. 
 

6. Mundurnya rasio gigi

Penyebab mobil matic nyentak yang selanjutnya adalah rasio gigi mulai mundur dan biasanya terjadi pada mobil matic model konvensional. Rasio gigi yang mundur menjadi penyebab utama perpindahan transmisi mengalami masalah dan menyentak. 

Pada saat rasio gigi mundur, maka harus segera dilakukan penyetelan ulang. Jika kalian membiarkannya begitu saja, maka rasa menyentak saat perpindahan gigi akan terus muncul. 
 

7. Kebocoran pada oli transmisi

Tidak hanya oli transmisi yang kotor jadi penyebab mobil matic nyentak, tetapi juga saat terjadi kebocoran. Biasanya penyebab ini akan dicek terakhir karena kebocoran membutuhkan perbaikan lama dan biaya cukup besar. 

Jumlah oli yang berkurang akan menurunkan tingkat tekanan hidrolik yang dihasilkan. Hal ini mengakibatkan putaran mesin juga tidak sesuai dan getaran mobil berpindah menjadi RPM tinggi. Efeknya adalah mobil terus menyentak saat perpindahan gigi. 

Ketika kebocoran yang terjadi cukup parah dan mengganggu sistem mesin lainnya, maka pembersihan harus dilakukan. Kebocoran perlu segera diatasi agar tidak memperparah mesin. 



Editor: Avicenna
1
2


SEBELUMNYA

Waspada! Inilah 6 Penyebab Rem Mobil Tidak Berfungsi

BERIKUTNYA

Diskoria, Isyana Sarasvati & Ardhito Pramono Rilis Lagu Yth: NAIF

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: