Ilustrasi (dok. Pexels)

Sulit Kendalikan Emosi? Waspadai Gangguan Mental Ini!

15 October 2021   |   19:29 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Ada banyak jenis masalah kesehatan mental yang bisa dialami manusia, salah satunya ganguan kepribadian ambang atau borderline personality disorder (BPD) yang ditandai dengan kesulitan dalam mengendalikan emosi. Masalah ini sering kali tidak disadari dan jangan-jangan kalian sedang mengalaminya. 

Mengutip Mayo Clinic, borderline personality disorder adalah gangguan kesehatan mental yang mempengaruhi perasaan dan cara kita berpikir tentang diri sendiri dan orang lain. Kamu sulit untuk mengelola emosi serta perilaku, takut diabaikan, dan suasana hati sering berubah yang berlangsung beberapa jam hingga beberapa hari, yang dapat mencakup kebahagiaan yang intens, lekas marah, rasa malu, atau kecemasan

Orang yang mengalaminya bahkan bisa melakukan tindakan ekstrem untuk menghindari perpisahan atau penolakan seperti mengancam untuk bunuh diri atau melukai diri sendiri. Hal ini pun membuat mereka mengalami perasaan dan hubungan yang tidak stabil.

Penderita BPD sering ragu terhadap citra dirinya. Tak jarang mereka melakukan memiliki perilaku impulsif seperti berjudi, mengemudi secara sembrono, menghabiskan banyak uang, makan berlebihan, penyalahgunaan narkoba, atau tiba-tiba berhenti dari pekerjaannya. Mereka juga sering marah, kehilangan kesabaran, menjadi sarkastik, atau memicu pertengkaran secara fisik. 

Biasanya gangguan mental ini dialami para remaja yang menginjak usia dewasa. Seperti gangguan kesehatan mental lainnya, penyebab BPD tidak diketahui pasti. Namun kondisi ini sering dikaitkan dengan faktor keturunan dan kelainan otak. 

Kondisi ini juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan dimana masa kecil mereka yang penuh tekanan.

Tentu BPD dapat merusak banyak bidang kehidupan. Mereka yang mengalami gangguan mental ini sering kehilangan pekerjaan, tidak menyelesaikan pendidikan, mengalami masalah hukum, hubungan yang penuh konflik, stres perkawinan atau perceraian, hingga bunuh diri.

Selain itu, mereka yang mengalami BPD tak jarang mengalami gangguan kesehatan mental lainnya seperti depresi, gangguan kecemasan, bipolar, stres pascatrauma (PTSD, gangguan pemusatan perhatian/hiperaktivitas (ADHD), dan gangguan kepribadian lainnya.

Oleh karena itu, kondisi ini harus segera diatasi. Sebaiknya jika kamu mengalami BPD, segera cari bantuan psikolog maupun psikiater untuk mengatasinya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Jajaran Merek Hype-fashion Dihadirkan dalam Kick Avanue Fair

BERIKUTNYA

Dawon & Hwiyoung SF9 Jalani Karantina Covid-19

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: