Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Menjajal Kamera 108MP di Ponsel Kelas Menengah

06 May 2021   |   06:30 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Kamera mumpuni dengan resolusi sangat besar kini bukan hanya disematkan kepada ponsel pintar flagship. Kamera kelas menengah dengan harga sekitar Rp 4 jutaan pun sudah dilengkapi dengan kamera beresolusi 108 mega piksel.

Sama-sama mengusung nama pro pada jajaran ponsel terbarunya, Xiaomi memboyong Redmi Note 10 Pro sementara Realme membawa masuk ponsel Realme 8 Pro ke Indonesia.

Dalam peluncurannya akhir Maret lalu, Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse menyebut kehadiran Redmi Note 10 Series sebagai jawara baru di kelasnya tak sekadar menghadirkan inovasi baru, tetapi juga segudang fitur menarik.

Sementara itu, dalam peluncuran awal April lalu, Marketing Director Realme Indonesia Palson Yi mengatakan line up terbaru produk perusahaan hadir untuk mendukung anak muda menghasilkan konten dengan sejumlah fitur yang dihadirkan dalam perangkat.

Menariknya, kedua produk terbaru perusahaan asal Negeri Panda itu mengedepankan kemampuan fotografi ponsel yang menyematkan kamera beresolusi 108 megapiksel (MP).

Redmi Note 10 Pro menerapkan format quad camera dengan konfigurasi 108MP kamera utama, 8MP kamera ultra lebar, 5MP kamera makro, dan 2MP kamera untuk depth sensor. Kamera depannya memiliki resolusi 16MP.

Kamera 108MP ponsel tersebut memadukan 9-in-1 binning technology dan dual native ISO yang membuat perangkat dapat menangkap foto dengan detail, memiliki dynamic range lebih luas, dan menawarkan berbagai mode penyuntingan gambar.

Selain itu, hadir juga fitur Night Mode 2.0 dengan dukungan multi-frame RAW yang memungkinkan pengguna menangkap gambar dalam keadaan cahaya minim, serta foto dan video klona, dual video, hingga long exposure.
Realme 8 Pro
 

Realme 8 Pro


Adapun Realme 8 Pro juga mengusung format quad camera dengan pengaturan 108MP kamera utama, 8MP lensa ultra lebar, 2MP lensa potrait hitam-putih, dan 2MP lensa makro. Untuk kamera swafoto, dibekali dengan lensa 16MP.

Kamera 108MP dari Realme 8 Pro menggunakan sensor dari Samsung Isocell HM2 generasi ketiga dengan ukuran 1/1,52 inci dan resolusi maksimum sebesar 12.000x9.000 piksel. HM2 menggunakan teknologi isolasi piksel yang diadopsi dari bahan pengembangan merek kamera Fujifilm.

Hal tersebut memungkinkan pemecahan masalah interferensi antara piksel berdekatan, mengurangi kehilangan optik dan warna pada siang hari, serta menjamin konsistensi warna lebih tinggi dan peningkatan ISO hingga 15%.

Fitur unggulan pada kamera Realme yang disebut Infinite Clarity itu salah satunya adalah Super Nightscape generasi kelima yang mampu mengurangi noise gambar dan penghapusan piksel mati secara otomatis. Ujungnya membuat gambar malam menjadi lebih cerah dan murni.

Spesifikasi Utama

Redmi Note 10 Pro ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 732G yang menawarkan performa tinggi dan konsumsi baterai rendah. Ukuran baterainya sebesar 5.020 mAh dengan kemampuan pengisian daya cepat 33W. Untuk tampilan visualnya menggunakan layar Amoled dengan 120Hz refresh rate.

Adapun Realme 8 Pro menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 720G dengan baterai berukuran 4.500 mAh yang disupport oleh 50W SuperDart Charge. Layarnya berukuran 6,4 inci dan membawa teknologi Super Amoled Fullscreen.

Harga resmi masing-masing perangkat dalam peluncurannya adalah Rp4 juta untuk Redmi Note 10 Pro dengan varian 8GB+128GB dan Rp4,5 juta untuk Realme 8 Pro varian 8GB+128GB.

Editor: Purboyo

SEBELUMNYA

Pilah Pilih Laptop Hybrid

BERIKUTNYA

Gak Cuma Bisa Nyanyi dan Tari, Ini Idol yang Jadi Langganan Film dan TV

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: