Ilustrasi kalender (Dok. Unsplash)

Libur Maulid Nabi Muhammad SAW Digeser, Ini Alasannya

12 October 2021   |   16:19 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Buat kalian yang sudah merencanakan kegiatan liburan pekan depan saat hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tampaknya harus melakukan penyesuaian. Sebabnya, pemerintah akan menggeser hari libur tersebut sebagai langkah antisipasi munculnya kasus baru Covid-19.   

Perubahan hari libur peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tertuang dalam Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) No. 642, 4, dan 4/2020 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama. 

Direktur Jenderal Pembinaan Masyarakat (Bimas) Islam, Kamaruddin Amin, menegaskan bahwa Maulid Nabi Muhammad Saw tidak berubah, tetap 12 Rabiul Awal. Hanya, hari libur dalam rangka memperingatinya yang digeser.

"Maulid Nabi Muhammad Saw tetap 12 Rabiul Awal. Tahun ini bertepatan 19 Oktober 2021 M. Hari libur peringatannya yang digeser menjadi 20 Oktober 2021 M," ujarnya mengutip keterangan resmi Kementerian Agama.

Sebelumnya, perubahan juga dilakukan pada hari libur peringatan tahun baru hijriyah. Tahun barunya tetap 1 Muharram 1443 H, bertepatan 10 Agustus 2021. Namun, hari libur dalam rangka memperingatinya digeser menjadi 11 Agustus 2021.

"Perubahan juga terjadi terkait cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal yang awalnya ditetapkan pada 24 Desember, akhirnya diputuskan untuk ditiadakan," tandasnya.

Harapannya dengan digesernya beberapa hari libur peringatan keagamaan mobilitas masyarakat bisa berkurang. Karena tidak dapat dimungkiri jika hari libur atau tanggal merah yang berdekatan dengan akhir pekan atau berada di awal pekan kerap dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berlibur ke luar kota.

Tentu saja, hal tersebut kontradiktif dengan upaya pemerintah menekan penyebaran Covid-19, salah satunya dengan sebisa mungkin menekan mobilitas masyarakat walaupun pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sudah dilonggarkan.


Editor: Avicenna

SEBELUMNYA

Aespa Susul ITZY & TWICE untuk Tampil di The Kelly Clarkson Show

BERIKUTNYA

Marvel Rilis Poster Baru Eternals dan Bocoran untuk Ending Credit

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: