Ilustrasi indikator penunjuk bensin sepeda motor dan speedometer (dok: Christoper Burns)

Indikator Bensin Sepeda Motor Rusak? Coba Cek 6 Bagian Ini

12 October 2021   |   15:20 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Mungkin alian pernah tiba-tiba kehabisan bensin di jalan, padahal jarum indikator bensin motor masih menunjukkan ada bensin dalam tangki. Setelah dilihat ternyata bensin habis atau tinggal sedikit. Hal ini menunjukkan adanya masalah pada komponen indikator bensin. Masalah ini tidak hanya terjadi pada motor dengan indikator bensin analog, pada motor dengan indikator bensin digital pun sering terjadi.

Bahkan, indikator barnya bisa tidak menunjukkan kenaikan padahal sudah diisi bensin lagi. Komponen indikator bensin ini merupakan salah satu alat yang memiliki peran cukup penting karena menunjukkan volume bensin yang tersisa pada tangki motor.

Lalu apa saja penyebab indikator bensin kendaraan sampai tidak berfungsi dengan baik atau error?
 

1. Aki rusak

Penyebab indikator bensin bisa tiba-tiba tidak berfungsi salah satunya karena aki yang rusak. Hal ini terjadi karena aki yang rusak bisa berpengaruh pada kurang akuratnya indikator bensin juga pada mesin. Jika baterai rusak atau aus, maka indikator praktis tidak menyala.

Kalian bisa mengecek apakah aki dalam keadaan normal atau tidak. Caranya yaitu menyalakan motor memakai starter tangan. Jika menyala lancar, berarti aki motor masih cukup aman.

Lalu cek bagian suara klakson, jika masih nyaring, maka aki masih baik. Kalau sebaliknya maka harus dilakukan pengecekan lebih lanjut.
 

2. Komponen fuel sensor rusak

Penyebab indikator bensin motor tidak berfungsi yang berikutnya bisa karena komponen pada fuel sensor-nya rusak. Kasus ini sering sekali terjadi. Lakukan pengecekan terlebih dahulu, apakah benar fuel sensornya rusak atau error? Jika benar, maka harus segera dilakukan penggantian komponen yang rusak tersebut.
 

3. Pelampung Bensin Bermasalah

Pelampung bensin juga bisa menjadi salah satu komponen yang perlu diperhatikan ketika indikator bensin motor tidak berfungsi. Hal ini karena di bagian inilah volume bahan bakar ditentukan, kemudian data yang didapat dikirim ke jarum indikator bensin.

Untuk melakukan pengecekan, pertama-tama coba lepaskan soket kabel lalu hubungkanlah  kabel dengan pelampung tangki bensin. Jika indikator bensinnya masih bergerak, maka kalian bisa pastikan bahwa kondisi pelampung tangki bensin tidak bermasalah.

Jika tidak bergerak pun belum tentu pelampung ini rusak, cek lagi menggunakan AVO meter. Lepaskan dahulu pelampung bensin dari tangki kemudian cek fisik pelampung. Lalu cek kedua kabelnya menggunakan avometer dengan menggerakkan pelampungnya naik dan turun.

Jika indikator bergerak, maka pelampung bensin masih aman, jika tidak perlu diperbaiki.
 

4. Jalur kelistrikan terputus

Kelistrikan pada motor memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengalirkan sinyal dan arus dari fuels sensor. Jika sampai kabel ternyata putus, maka listrik sudah pasti tidak akan tersalurkan sehingga akan menyebabkan indikator bensin tidak dapat berfungsi dengan baik bahkan mati. 


Terputusnya salah satu jalur kelistrikan, dapat menyebabkan kegagalan pada beberapa komponen motor seperti indikator bensin. Tidak adanya arus listrik yang diterima oleh jarum penunjuk membuat jarum tidak bisa bergerak.

Untuk memeriksanya, kalian bisa menggunakan tespen test lamp pada jalur listrik yang ditandai.


5. Tangki bensin penyok

Tangki bensin penyok mungkin bagi kalian merupakan masalah yang sepele. Ternyata tangki bensin yang penyok bisa menjadi penyebab indikator bensin menjadi tidak berfungsi secara maksimal.

Terutama jika tangki bensin mengalami penyok yang sangat parah, sampai menyentuh bagian pelampung bensin yang ada pada tangki bensin.

Kondisi tangki bensin yang penyok parah hingga mencapai bagian pelampung ini dapat membuat pelampung pada indikator bensin tidak bisa bergerak secara sempurna.

Bahkan pelampung bensin bisa saja tertekuk, dengan kondisi seperti ini pastinya pelampung bensin tidak dapat memberi informasi volume bahan bakar yang sesungguhnya.


6. Speedometer error

Penyebab indikator bensin tidak dapat berfungsi yang selanjutnya yaitu bisa dikarenakan speedometer yang error bermasalah. Jika seluruh pengecekan pada komponen-komponen di atas sudah dilakukan secara baik dan benar, maka kalian perlu melakukan pemeriksaan pada komponen speedometer.


Speedometer memiliki komponen-komponen elektronik yang sangat banyak, jadi saat indikator bensin pada motor tidak dapat menyala, bisa jadi ada beberapa komponen-komponen elektronik pada speedometer yang bermasalah, terputus, atau juga mengalami konslet.

Meskipun masalah ini sangat jarang terjadi, tetapi kerusakan pada speedometer ini sangat sulit untuk diperbaiki.

Untuk memeriksanya, kalian bisa melepas cup speedometer juga komponen-komponen lainnya. Lalu periksa menggunakan pengukur avometer. Lebih baik lagi jika langsung dibawa ke bengkel jika kalian tak begitu memahaminya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

7 Tahun Vakum, Grup 2AM Comeback dengan Album Mini Ballad 21 F/W

BERIKUTNYA

Gaya Fesyen Ini Bakal Jadi Tren Sepanjang Akhir Tahun 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: